Kapal Kargo dari Natuna Tenggelam di Perairan Kepulauan Seribu

97

WARTAKEPRI.co.id, BANTEN – Kapal Sumber Cahaya tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada Rabu, 24 November 2021 kemarin.

Kapal jenis kargo berukuran 40 meter dengan person on board (POB) 15 orang ini, diketahui berlayar dari Natuna menuju Merak Banten.

Basarnas Kabupaten Natuna menjelaskan insiden tersebut terjadi akibat cuaca ekstrem. Kapal mengalami kebocoran yang kemudian kandas dan tenggelam.

Kapal tersebut dievakuasi oleh Kapal NMS Accelerate dan dibawa ke Etrolium Axcesior (tempat pengeboran minyak). Proses evakuasi dilakukan setelah Kapal Sumber Cahaya memancarkan signal distress.

Kantor SAR Banten kemudian memberangkatkan satu unit KN SAR Tetuka untuk melaksanakan evakuasi 15 orang penumpang ke Dermaga Pantai Mutiara, Jakarta.

“Seluruh penumpang yang dievakuasi dalam keadaan selamat,” jelas Kepala Basarnas Kabupaten Natuna, Mexianus Bekabel dalam keterangannya kepada Warta Kepri, Kamis (25/11/2021).

Meski begitu, Mexianus mengatakan kejadian tersebut berada di luar wewenang Basarnas Natuna.

“Itu kejadian ranah SAR Tetuka, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian materil sudah jelas dialami, namun belum diketahui berapa kerugiannya,” kata dia. (rama)

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel