Taihe Group dari China akan Gelontorkan Duit Rp25,2 Triliun di Pulau Bintan

244
Taihe Group
Foto MNC Media

WARTAKEPRI.co.id – Investor China siap menggelontorkan dana investasi total sebesar USD1,76 miliar untuk membangun Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Investasi dari Taihe Group tersebut untuk sektor keuangan, energi dan logistik.

Duta Besar Indonesia untuk China, Djauhari Oratmangun mengatakan, dalam China Economic Summit yang dihadiri 200 pengusaha China yang diadakan Asia Brand Group, Association for Asian Economic Development (CAEDA) dan Taihe Group Limited pada 28 Desember 2021 lalu, telah disepakati kerja sama antar Indonesia-China terkait investasi di Pulau Bintan.

“Dalam forum tersebut telah disepakati 3 MoU kerja sama senilai USD1,76 miliar (sekitar Rp25,2 triliun) untuk sektor keuangan, energi baru dan logistik sebagai komitmen para pebisnis Indonesia dan Tiongkok untuk bersama-sama membangun Pulau Bintan,” kata Dubes Djauhari sebagaimana dikutip di laman KBRI Beijing, Jumat (7/1/2022) lalu.

BACA JUGA Perusahaan GDS Holdings China Bagun Gedung di Nongsa Digital Park Batam

Di akhir Forum, Taihe Group berhasil menandatangani 3 MoU kerja sama investasi dengan mitra pengusaha dari Tiongkok di bidang-bidang berikut:

1. Offshore Financial Center Project, dengan Asia Brand Group Holdings Co., Ltd. senilai USD 680 juta;
2. New Energy Project, dengan Easypass Technology Co., Ltd. senilai USD 500 juta;
3. Logistics Port Project, dengan Shanghai Maolin International Trade Co., Ltd senilai USD 580 juta.

Dubes Djauhari menuturkan bahwa langkah ini merupakan bagian dari pelaksanaan diplomasi ekonomi bersama untuk ikut berkontribusi pada percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Kolaborasi bersama Indonesia Incorporated antara Perwakilan RI di Tiongkok dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk INACHAM maupun BUMN Indonesia di Tiongkok merupakan salah satu upaya yang gencar dilaksanakan oleh KBRI Beijing maupun seluruh KJRI di Tiongkok,” jelasnya. ( idxchannel.com )

DEWAN PERS WARTAKEPRI

FANINDO

FANINDO

PKP HIMALAYA