Liburan Akhir Pekan di Pulau Angker, Berani Coba?

328
Pulau Galang di Batam, Kepri
Pulau Galang di Batam, Kepri. (Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id – Akhir pekan merupakan saat yang paling dinanti. Banyak orang mengisinya dengan bersantai dan liburan bersama teman, atau keluarga tercinta.

Satu di antara destinasi wisata akhir pekan yang menarik dipilih barangkali mengunjungi sebuah pulau. Namun sebelum melakukannya, ada baiknya Anda mengetahui hal ini.

Dilansir Sindonews.com, ada lima pulau angker di Indonesia. Pulau-pulau ini dipercaya menyimpan cerita horor yang bikin bulu kuduk berdiri. Pulau ini juga disebut berhantu meski memiliki pemandangan indah.

Honda Capella

Selain itu, sejumlah peristiwa horor yang terjadi menambah keseraman pulau ini. Karenanya, tak heran jika pulau berikut ini disebut paling angker. Tertarik mengunjunginya untuk berlibur?

Berikut daftar pulau angker di Indonesia dikutip dari kanal YouTube Angka dan Data, Sabtu (5/3/2022).

BACA JUGA Nikmati Poin Tambahan dan Liburan Indah dengan Best Western Reward Rush

1. Pulau Nusa Barong

Pulau angker di Indonesia yang pertama adalah Pulau Nusa Barong, Jember, Jawa Timur. Keindahan Pulau Nusa Barong sangat memikat meski jumlah penduduknya tak banyak. Dibalik keindahan pulau kecil ini terdapat cerita horor yang menyeramkan.

Pulau Nusa Barong sempat ramai penduduk sebelum diserang Belanda saat masa penjajahan. Warga sekitar meyakini pulau ini dihuni ular raksasa. Selain itu, pulau ini kerap dijadikan lokasi bagi mereka yang ingin belajar ilmu hitam.

2. Pulau Tidung Kecil

Pulau angker di Indonesia selanjutnya adalah Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta. Nama Pulau Kecil berasal dari kisah seorang raja dari suku Tidung, Kalimantan Timur, yakni Raja Pandita. Dia diasingkan Belanda saat masa penjajahan. Setelah jadi penduduk pertama di sana, datang seorang petuah yang terkenal dengan gelar Panglima Hitam.

Mereka menghabiskan hidupnya di sana dan dimakamkan di Pulau Tidung Kecil. Konon, kedua tokoh tersebut kerap terlihat di sekitar pesisir Pulau Tidung Kecil. Padahal, pulau ini tak berpenghuni, sepi dan terlihat gelap.

3. Pulau Galang

Pulau Galang, kepulauan Riau juga disebut sebagai pulau angker di Indonesia. Pulau ini memiliki sejarah yang kelam. Di mana pada 1976 sampai 1996 Pulau Galang menjadi tempat mengungsinya ribuan tentara Vietnam yang meninggalkan negaranya setelah tragedi perang. Mereka yang tidak lolos melanjutkan perjalanan ke Australia dan Amerika Serikat, dirampok dan dibunuh dengan keji.

Ada pula yang memutuskan untuk bunuh diri di pulau tersebut. Hal itu yang membuat Pulau Galang diselimuti aura mistis. Banyak pelaut yang mengaku melihat pulau ini sangat gelap dari kejauhan. Bahkan seringkali terlihat penampakan tentara di pinggir pantai yang melambaikan tangan ke kapal.

4. Pulau Kembang

Pulau Kembang di Sungai Barito, Kalimantan Selatan cukup misterius. Terlebih pulau tersebut sekarang menjadi habitat monyet ekor panjang hingga bekantan. Masyarakat Banjar percaya bahwa Pulau Kembang terbentuk akibat tenggelamnya kapal perang Belanda. Monyet dan bekantan di pulau tersebut dianggap sebagai prajurit penjajah yang dikutuk penunggu pulau tersebut.

5. Pulau Kelor

Pulau angker di Indonesia yang terakhir adalah Pulau Kelor, Kepulauan Seribu, Jakarta. Dengan luas 28 hektar, pulau ini memiliki Benteng Martello yang merupakan peninggalan zaman VOC untuk berperang dengan Portugis pada abad ke 17. Benteng dan pulau tersebut hancur pada 1883 karena letusan dahsyat Gunung Krakatau.

Hal tersebut membuat hampir seluruh tentara di sana meninggal. Banyak orang yang menganggap Pulau Kelor sangat angker. Seringkali, terdengar suara tentara berbaris dengan hentakan kaki di sekitar bekas Benteng Martello berdiri.

Sumber: Sindonews

FANINDO