Dua Tahun Dilarang Mudik, Puncak Penumpang Pesawat Diperkirakan H-4 Bandara Hang Nadim

HARRIS BARELANG

Penerbangan tambahan tidak hanya disediakan oleh Lion air, maskapai Citilink kemungkinan akan menambah jadwal penerbangan sebagai antisipasi meningkatnya jumlah pemudik.

“Saat ini baru Lion air, maskapai lain seperti Citilink kemungkinan akan mengajukan penerbangan tambahan namun belum ada informasi,” ujar Bambang.

Diketahui, Lion air menyiapkan ekstra flight dari Batam tujuan Padang mulai 27 April 2022. Sedangkan tujuan Pekanbaru mulai 28 April 2022 dan tujuan Palembang mulai 25 April, tiga rute ekstra flight berlaku hingga 1 Mei 2022.

Kondisi penumpang di Bandara Hang Nadim sejak Kamis hingga hari Jumat ini belum terlihat meningkat secara signifikan. Namun counter chek in Lion air saat pagi dan sore hari jadi waktu keberangkatan yang cukup ramai.

“Biasa kalau pagi hari itu cukup membludak. Pagi sama sore hari, siangnya agak menurun,” jelasnya.

Sedangkan jumlah penerbangan dari Hang Nadim Batam setiap harinya tercatat 63 flight. Lion air memiliki penerbangan terbanyak dibanding maskapai lainnya seperti Garuda, Citilink maupun Nam Air.

“Saat ini penumpang Lion air yang paling diburu penumpang. Jumlah flight nya paling banyak. Citilink baru 8 flight, Garuda baru 1 flight,” katanya.

Sementara itu, persiapan menyambut arus mudik di Bandara Hang Nadim lanjut Bambang tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kawasan Bandara akan menyediakan Posko lebaran

“Persiapan hampir sama tahu-tahun sebumnya, pelayanan maksimal tetap diberikan bagi pengguna jasa Bandara Hang Nadim, Posko lebaran akan kita buka 25 April 2022,” kata Bambang.

Jumlah penumpang datang dan berangkat per tanggal 17 April penumpang yang berangkat 5.041 orang dan datang 4.345 orang. Kemudian 18 April penumpang datang 3.959 orang dan berangkat 4.463 orang. Tanggal 19 April penumpang datang 3.669 orang dan berangkat 4.492 orang.

Ia pun mengimbau agar calon penumpang bisa datang lebih awal dan lebih cepat untuk mengantisipasi antrean panjang, sehingga tidak ketinggalan pesawat.

“Protokol kesehatan tetap dilakukan meski persyaratan sudah lebih longgar. Hal ini demi kesehatan kita semua, dan datang lebih awal minimal 2 jam sebelum berangkat,” papar Bambang. (adi)

FANINDO

Honda Capella