Sempat Buron, DPO Pelaku Pencurian Trafo Diamankan Polsek Sagulung

Pencuri Travo di Polsek Sagulung
Sempat Buron, DPO Pelaku Pencurian Trafo Diamankan Polsek Sagulung

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Kapolsek Sagulung Iptu Nyoman Ananta Mahendra bersama jajaran berhasil mengamankan DPO pencurian pemberatan di PT Hong Yuan di Sagulung, Kamis (28/04/2022)

Sebelumnya, Kapolsek Sagulung berhasil mengamankan empat pelaku yang berinisial FL (32 Tahun), HJ (34 Tahun), TR (26 Tahun), S (34 Tahun), yang berhasil menggondol lima unit trafo las senilai Rp 70 juta milik perusahaan.

“Pelaku MA (43) sebagai DPO berhasil diamankan,” ujar Kapolsek Ananta.

Ananta mengatakan, kejadian berawal adanya pencurian di PT Hong Yuan yang berlokasi di Sagulung pada Senin (28/03/2022) sekitar pukul 08.00 WIB. Pelapor yang juga sebagai pengawas lapangan saat mengecek workshop menemukan beberapa barang hilang diantaranya 1 unit Travo Argon Weldro 400, 1 unit Razor 200, 3 unit Travo lakoni 250, dan 3 unit Travo Weldking 400.

“Atas kejadian tersebut Pelapor mengalami kerugian sebesar Rp.70 juta dan melaporkan ke Polsek Sagulung,” lanjut Ananta.

Setelah menerima laporan anggota Reskrim Polsek Sagulung mendapat informasi dari masyarakat bahwa salah satu yang diduga pelaku yang bernama FL sedang berada di winsor Phase Lubuk Baja Nagoya

Anggota Reskrim Polsek Sagulung mendatangi keberadaan dan langsung melakukan penangkapan terhadap FL dari tangan tersangka berhasil diamankan 5 unit travo las milik korban yang hilang sesuai dengan laporan korban tersebut.

“FL mengakui bahwa benar dirinya adalah salah satu pelaku pencurian di kawasan PT.Hong Yuan dan tersangka FL mengakui saat melakukan Pencurian dirinya bersama dengan 4 orang temanya yaitu, tersangka TR, tersangka HJ, tersangka S dan tersangka MA (43 Tahun),” beber Ananta.

BACA JUGA Tim Reskrim Polsek Sagulung Ringkus Tiga Anak Pelaku Curanmor

Ananta menambahkan tindak pidana Pencurian dengan pemberatan dilakukan oleh 4 Pelaku yang saat ini sudah di amankan oleh unit reskrim Polsek Sagulung. Pelaku melakukan aksinya secara acak tidak melalui survei terlebih dahulu. Karena ada kesempatan dan situasi yang memungkinkan untuk melakukan pencurian.

“Atas Perbuatannya pelaku dijerat dengan pencurian dengan pemberatan pasal 363 Ayat 2 KUHPidana dengan hukuman penjara selama-lamanya Sembilan Tahun

Ananta menghimbau untuk perusahaan yang libur saat lebaran idul fitri, memberdayakan security agar lebih aktif mengecek Kantor ataupun perusahaan yang memiliki aset berharga sehingga tidak ada kesempatan dan niat pelaku untuk melakukan pencurian.

“Diimbau juga bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran disarankan menitipkan rumah yang di tinggalinya kepada tetangga dan melaporkan ke ketua RT/RW agar selalu di pantau oleh Security,” harapnya.

Kapolsek Sagulung Iptu Nyoman Ananta Mahendra juga mengingatkan yang akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama agar mengecek listrik ataupun kompor agar di pastikan semua telah di matikan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. (*/adi)

FANINDO

Honda Capella