Kunjung Staff Ahli Kementerian PPN dan Lihat Peluang Pariwisata Lingga

HARRIS BARELANG

Staff Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan dari Bappenas RI, Erwin Dimas, SE, DEA, MSi, memberikan kesan yang cukup baik. Kabupaten Lingga dinilainya sangat luar biasa dari aspek potensi sejarahnya.

Sebagai putra kelahiran Riau, dia sangat paham dari cerita rentetan sejarah Kesultanan Riau-Lingga yang dipaparkan. Oleh karena itu, dia mengharuskan segala potensi yang dimiliki Kabupaten Lingga ini perlu untuk diangkat, bukan hanya pada level nasional tapi pada level internasional.

Walaupun beberapa langkah sudah dilakukan oleh pemerintah daerah, namun perlu lebih ekstra lagi dalam melakukan terobosan agar potensi yang dimiliki dapat tersentuh dan termanfaatkan, salah satunya dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Hari ini saya berkeliling hampir satu hari di Daik, saya melihat kota ini penuh dengan historis dan nilai sejarah, dan itu mungkin tidak dimiliki semua kota-kota lain, Ini potensi yang sangat luar biasa,” kata Erwin.

Langkah selanjutnya, dengan koordinasi yang telah dilakukan Bupati Lingga dan kementerian harus menyiapkan grand design/lebel terkait potensi yang akan diangkat, misalnya pariwisata sejarah, budaya dan religinya, sebagai kunci masuknya program-program di Kabupaten Lingga. Namun itu tidak serta-merta, dan harus melalui tahapan dan proses, dan akan diusahakan di 2023 dan 2024.

Pemerintah daerah, juga harus sejalan dengan pemerintah provinsi dalam membangun sinergitas terhadap pengembangan potensi ini.

“Saya sudah berbicara dengan pak bupati, dan sudah seirama untuk kita mengarah kesitu. Dengan provisi juga saya katakan juga harus lebih bagus lagi,” jelas dia. (*)

Kiriman : Ravi Azhar

FANINDO

Honda Capella