Skrining Bagi PPDN Berlaku, Vaksinasi Binda Kepri Padat

HARRIS BARELANG

BATAM – Gerai vaksinasi Binda Kepri yang dibuka pada Selasa (19/7/2022) mulai dipadati masyarakat yang mencari vaksin, baik dosis 1, dosis 2 maupun booster.

Masyarakat turut antri mendapatkan vaksin sejak Selasa pagi menyusul telah diberlakukannya kewajiban melengkapi hasil negatif RT-PCR dan/atau hasil negatif tes Antigen bagi seluruh Pelaku Perjalanan Domestik (PPDN) apabila belum mendapat vaksin booster.

Tidak hanya bagi pengguna moda transportasi udara, kewajiban melakukan tes skrining Covid-19 juga berlaku bagi seluruh jalur moda transportasi, termasuk pengguna moda transportasi laut yang melakukan perjalanan antar kabupaten/kota di wilayah aglomerasi Provinsi Kepri.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Kepri Nomor 698/SET-STC19/VII/2022 yang merupakan tindak lanjut dari SE Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Nomor 21 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Mendagri Nomor 440/3917/SJ tentang Percepatan Vaksinasi Dosis Lanjutan (Booster) Bagi Masyarakat.

Menyusul kebijakan tersebut, Binda Kepri berkomitmen mendukung pemerintah dalam menyukseskan kegiatan vaksinasi dengan membuka gerai-gerai vaksinasi di sejumlah titik.

Terdapat 2 titik lokasi gerai di Batam, yakni di lapangan futsal SP Plaza Kecamatan Sagulung dan Bandara Hang Nadim Batam. Selain itu terdapat gerai di Puskesmas Melayu Kota Piring, Jalan Kijang Lama, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang dan di eks Paviliun Dinas Perkim Kab. Bintan. Sedangkan di Kabupaten Lingga, gerai vaksinasi Binda Kepri dibuka di eks Gedung Bank Dagang Negara Jalan Trans Singkep Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep.

Kabinda Kepri, Brigjen Pol. R. C. Gumay mengatakan Binda Kepri akan terus mendukung upaya penanganan pandemi Covid-19 agar situasi perekonomian segera pulih.

“Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir agar masyarakat bisa leluasa beraktivitas dan perekonomian daerah kembali pulih, khususnya dari sektor pariwisata,” kata Gumay.

Sesuai dengan data Dinas Kesehatan Kepri, hingga 18 Juli 2022, capaian vaksinasi booster di Kepri sebesar 48,07 persen atau 660.180 orang dari total sasaran 1.373.372 orang masyarakat Kepri.

Gumay menegaskan agar masyarakat dapat segera mendaftar vaksin booster pada gerai yang disediakan.

“Tidak perlu ragu lagi untuk mendaftar vaksin, gerai vaksinasi Binda Kepri terbuka bagi seluruh masyarakat yang ingin mendapat vaksin dosis 1, dosis 2 maupun booster,” imbuhnya.(*)

FANINDO

Honda Capella