Kepramukaan Jadi Sarana Belajar Positif, Memupuk Rasa Persaudaraan

331
Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwacab) 0317 Pasaman Barat, Risnawanto saat memberikan sambutan kegiatan Perkemahan Lomba Tingkat II Pramuka Penggalang Kwartir Ranting (Kwarran) 1705 Kinali tahun 2022

FANINDO

PASAMAN BARAT – Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwacab) 0317 Pasaman Barat, Risnawanto mengatakan, mendapatkan dan menambah ilmu bukan hanya di bangku sekolah, namun juga bisa di lapangan seperti kegiatan kepramukaan.

Hal ini disampaikan Risnawanto saat memberikan amanat pada kegiatan Perkemahan Lomba Tingkat II Pramuka Penggalang Kwartir Ranting (Kwarran) 1705 Kinali tahun 2022, di lapangan Koto Gadang Jaya (Koja), Kecamatan Kinali, Sabtu (23/7/2022).

“Tujuannya, untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode penghormatan janji Tri Satya dan memupuk persaudaraan sesama kalangan Pramuka Penggalang. Kegiatan ini penting dan sangat positif bagi adek-adek dan juga positif dalam dunia pendidikan kita,” ujar Risnawanto dalam sambutannya.

Risnawanto menyebutkan, kegiatan serupa juga dilaksanakan di lima Kecamatan, yakni Kecamatan Kinali, Luhak Nan Duo, Talamau, Sasak Ranah Pasisie, dan Pasaman. Kegiatan dalam lomba merupakan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat dalam rangka mengisi kegiatan ekstrakulikuler Kwarran Kinali.

Dia menjelaskan, selama pandemi kegiatan dalam pendidikan maupun kegiatan ekstrakulikuler sangat terganggu. Untuk itu, pasca pandemi kegiatan kepramukaan disambut antusias oleh peserta didik. Sebagai Ketua Kwarcab 0317 Pasbar, ia mengucapkan terima kasih kepada panitia beserta peserta lomba.

“Dua tahun kegiatan pendidikan dan ekstrakulikuler di masa pandemi sangat terganggu. Hampir semua kegiatan dilaksanakan di rumah. Pasca pandemi, adek-adek kita sudah antusias melaksanakan kegiatan kepramukaan seperti ini. Antusias dan semangat adek-adek harus mendapat perhatian dari Pemda berupa pembinaan,” tegas Risnawanto.

Sementara Ketua panitia Adrizal melaporkan bahwa Lomba Tingkat II Pramuka Penggalang Kwarran 1705 Kinali dilaksanakan selama 3 hari mulai 22-24 Juli 2022. Kegiatan diikuti oleh 52 gugus depan penggalang dibawah Kwarran Kecamatan Kinali. Peserta lomba berjumlah 776 orang, lomba terdiri dari lomba Hastakarya, lomba MTQ, Pionering, PBB, serta lomba kuliner.

“Diakhir kegiatan akan disuguhkan hiburan pentas seni dari peserta lomba setiap gugus depan,” ungkap Adrizal. (*)

Honda Capella