Naik Motor Honda Makin Aman Dengan Teknologi HSTC, Apa Saja Kelebihannya?

Teknologi HSTC Honda
Honda Selectable Torque Control (HSTC) merupakan fitur terbaru disematkan pada model Big Bike dan Matic Premium Honda untuk keamanan berkendara.

BATAM – Main Dealer Sepeda Motor Honda Wilayah Kepri, PT Capella Dinamik Nusantara memberi edukasi singkat seputar teknologi sepeda motor Honda di sela-sela fun Media gathering Sabtu (23/7/2022) lalu di Kampung Terih, Nongsa.

Honda Customer Care Manager PT Capella Dinamik Nusantara Kepri, Tony Anggadha mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai salah satu fitur dan teknologi untuk mendukung aspek keamanan dan keselamatan berkendara, yakni fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC).

“Fitur ini nanti juga akan disematkan pada produk terbaru Honda yang akan segera dilaunching pada awal Agustus 2022 mendatang. Fitur ini semakin menambah sederet fitur keamanan lainnya yang sudah disematkan pada beberapa produk sepeda motor Honda,” jelas Tony

PKP EXPO

Honda Selectable Torque Control atau HSTC, merupakan fitur yang berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban slip atau tergelincir dapat dihindari.

“Saat ini, fitur HSTC dapat dijumpai pada model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR 1000RR, X-ADV 750, Forza dan PCX 160,” jelasnya.

Sementara itu, bila pengendara ingin mengaktifkan fitur ini, cukup menekan tombol di bagian setang sebelah kiri ke posisi On, dan sebaliknya saat ke posisi off pengendara merasakan sensasi torsi mesin yang lebih kuat

“Fitur ini bisa diaktifkan dan dimatikan saat motor sedang melaju. Tapi alangkah baiknya dilakukan saat posisi motor sedang berhenti,” kata Dia.

Tony melanjutkan, Fitur HSTC akan bekerja saat sensor yang ada pada tiap roda mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran roda depan dan roda belakang.

Kemudian informasi tersebut akan dikirimkan ke ECU dan ECU akan memerintahkan Engine Torque Control (ETC) untuk memutus sementara pengapian mesin.

“Saat ETC memutus pengapian, secara otomatis kerja mesin akan terhenti dalam sepersekian detik sehingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus untuk meredakan slip yang terjadi,” ungkap Tony.

Perlu diingat, fitur ini akan memberikan dampak yang besar jika dibarengi dengan gaya dan sikap berkendara yang baik atau tidak ugal-ugalan sehingga sangat berguna dan penting, terutama sebagai
fitur safety atau keselamatan pengendara.

Ditengah-tengah pembahasan fitur HSTC, ada sedikit bocoran bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan peluncuran produk line up terbaru Honda yang menggunakan fitur HSTC.

“Dalam waktu dekat kita akan secara melaksanakan launching product pada awal Agustus nanti, apa nama unitnya masih rahasia, tunggu udangan resmi dari kita,” papar Tony.

Tidak hanya workshop teknologi, rangkaian kegiatan Media gathering diramaikan dengan beberapa aktivitas seperti bermain PaintBall dan santap siang bersama. Tim pemenang Paintball War, tentu saja mendapatkan hadiah menarik sebagai apresiasi atas kemenangannya.

“Selamat kepada tim pemenang paintball. Untuk tim yang lain, semoga lebih beruntung dikesempatan berikutnya,” tutup Tony. (*)

Editor: Yusuf Riadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24