Samakan Persepsi, KPU Batam Rakor dengan Parpol Perbaikan Verifikasi Administrasi

Ketua KPU Batam Martius
Martius, Ketua KPU Kota Batam. (Foto/AdiWartaKepri)

HARRIS BARELANG

BATAM – Komisi Pemililihan Umum (KPU) Kota Batam menggelar rapat koordinasi dengan seluruh partai politik calon peserta pemilu 2024.

Ketua KPU Kota Batam Martius mengatakan, koordinasi dilakukan untuk menyamakan persepsi terkait verifikasi administrasi perbaikan dan penyampaian dokumen oleh parpol.

“Kegiatan ini bentuk menyamakan persepsi dengan seluruh Parpol,” ujar Ketua KPU Kota Batam Martius di Artotel Batam, Kamis (22/9/2022).

Ia menambahkan, dari persyaratan yang masuk ke KPU terdapat sejumlah anggota parpol yang statusnya Memenuhi Syarat (MS) yang sudah terhitung sebagai anggota parpol. Namun ada juga yang berstatus Belum Memenuhi Syarat (BMS).

“Jadi statusnya yang Belum Memenuhi Syarat (BMS) itu bisa melakukan perbaikan saat ini, begitu juga yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) parpol bisa mengganti anggotanya itu,” jelas Martius

Ia menjelaskan, proses perbaikan verifikasi administrasi dalam tahapan perbaikan menjadi kesempatan bagi partai politik untuk melengkapi, sehingga target parpol saat verifikasi administrasi bisa tercapai.

“Persyaratan yang masih kurang nanti akan kami terima lagi lewat Sipol dan kami akan verifikasi lagi,” katanya.

Menurutnya, pada proses seleksi administrasi sebelumnya banyak data parpol yang masuk ke KPU Kota Batam yang masih perlu perbaikan. Sehingga rakor bersama parpol dirasa perlu untuk memudahkan kerja KPU.

“Data yang sudah masuk sebelumnya juga ada yang bermasalah seperti data buram, datanya tidak terdaftar di daftar pemilih rinciannnya saya belum mengetahui karena rekapnya secara keseluruhan 24 partai ada,” ungkapnya.

Tahapan selanjutnya adalah verifikasi faktual tahap ini akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2022 dengan waktu 21 hari kerja. Pengurus parpol masih mempunyai kesempatan untuk memperbaiki atau melengkapi kekurangan berdasarkan hasil temuan verifikasi administrasi sebelum masuk verifikasi faktual.

“Sekarang masih ada waktu untuk melengkapi persyaratan yang kekurangan,” katanya. (*)

Editor: Yusuf Riadi

FANINDO

Honda Capella