Satu Jam Latihan, Belasan Siswa SMAN 20 Batam Sudah Mampu Menulis Berita

252

WARTAKEPRI.co.id, BATAM –
SMA Negeri 20 Batam menuju sekolah favorit di Kota Batam. Langkah menuju itu, pihak sekolah banyak membuat kegiatan ektra kurikuler dan terbaru adalah membuat ektrakurikuler Jurnalistik, Sabtu (1/10/2022)

Pelatihan jurnalistik dasarpun digelar untuk pertama kali dengan menghadirkan Wartawan Senior Dedy Suwadha, yang juga CEO media WartaKepri.co.id.

Pada kegiatan pelatihan diikuti belasan siswa dari berbagai tingkatan kelas.

” Luar biasa, baru satu jam diberi pemahaman apa itu jurnalistik, dan trik trik wawncara dan langsung menulis berita, anak-anak sudah bisa menuangkannya. Kalau diasah dan dilatih lebih lama mungkin sudah bisa jadi jurnalis muda,” kata Evi, Guru Pembimbing Ektrakurikuler Jurnalistrik SMAN 20 Batam, ke WartaKepri.co.id.

Dalam pelatihan ini, Dedy yang juga Wakil Ketua PWI Kepri dan Sekretaris SPS Kepri, menerangkan poin poin penting kerangka menulis berita.

Materi juga dibantu dengan menganalisa tulisan yang salah dan bagaimana yang benarnya, memudahkan siswa menulis merangkai menjadi berita.

Setelah satu jam teori, lalu dilanjutkan dengan satu jam praktek wawancara dan merangkainya menjadi sebuah berita profil yang menarik.

Tinggal diasah bagaimana membuat judul menarik, agar pengunjung website SMA 20 mengkliknya. Lalu, guru pembimbing harus aktif juga mengarahkan siswa jurnalistik mencari atau mewawancara narasumber di sekolah yang berpotensi dapat memberi inspirasi bagi siswa lain setelah membaca.

” Sering sering buat tulisan profil, selain berita prestasi dan kegiatan sekolah,” saran Dedy diakhir pertemuan.(adi/Redaksi)

Video Kegiatan Proses Editing di Youtube WartaKepriTV.

Honda Capella

FANINDO