Dishub Kepri Renovasi Pelabuhan Tanjung Payung Penagi, Junaidi: Tahun ini Kita Siapkan Rp16 Milyar

Suasana Pelabuhan Tanjung Payung Penagi Natuna saat bersandar kapal Sabuk Nusantara 36
Suasana Pelabuhan Tanjung Payung Penagi Natuna saat bersandar kapal Sabuk Nusantara 36

HARRIS BARELANG

NATUNA– Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp16 milyar pada APBD Provinsi Kepri tahun 2023 untuk renovasi dan pemeliharaan pelabuhan Tanjung Penagi Kabupaten Natuna.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Junaidi menyebutkan, renovasi pelabuhan Penagi akan dilakukan secepatnya, mengingat anggaran tahun 2023 sudah berjalan.

“Nanti disitu akan kita tata kembali, disana kita buatkan pusat kuliner untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui UMKM,” terang Junaidi, saat mendampingi Kunjungan kerja Gubernur kepri Ansar Ahmad di Natuna, Selasa (10/01/23).

Dikatakan Junaidi, rehap pelabuhan Penagi bukan hanya pelabuhan saja namun hingga ke sisi darat. “Disitukan ada tempat parkir, kalau malam kita siapkan jadi tempat kuliner,” tambahnya.

Untuk pelabuhan, Junaidi menambahkan tidak akan ada penambahan, namun fasilitasnya akan diperbaiki, atapnya akan di ganti serta akan ada penambahan platform.

“Nanti, pelabuhan Roro yang tidak ada atap akan kita kasih atap lokasi itu akan kita percantik,” tambahnya.

Selain itu, Kadishub Provinsi Kepri Junaidi juga menambahkan, akan ada penambahan kapal Roro 03 untuk tujuan Natuna.

“Kalau dulu rutenya 8 hari perjalanan maka akan diperpendek menjadi 5 hari,” jelasnya.

“Kalau sekarang rute Roro ke Natuna balik lagi ke Tambelan dan Sintete, kalau sudah di tambah kapal baru maka rute akan di bagi ke Natuna sendiri ke Tambelan tersendiri,” jelasnya lagi.

(Rk)

FANINDO

Honda Capella