Sepekan Terombang-ambing, Bambang Berhasil Ditemukan Nelayan Vietnam

Raden Bambang Firman Alamasyah (18), ABK KM Bahagia Natuna yang tercebur di perairan Natuna, Kepulauan Riau, pada Sabtu (7/1/2023), berhasil diselamatkan oleh nelayan Vietnam.(Foto: Istimewa)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Seorang Anak Buah Kapal (ABK) KM Bahagia Natuna, bernama Raden Bambang Firman Alamasyah (18), dikabarkan tercebur di perairan Natuna, Kepulauan Riau, pada Sabtu (7/1/2023).

Warga Kampung Bukit Baran Timur, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau ini yang sempat hilang selama sepekan setelah tercebur ke laut, akhirnya berhasil diselamatkan oleh nelayan Vietnam, Jum’at (13/1/2023).

Ia bersama dengan enam ABK kapal lainnya, termasuk Nahkoda membawa kapal jaring rawai pada Rabu, 28 Desember 2022 lalu, berangkat dari Karimun menuju perairan Natuna.

“Telah diperoleh informasi adanya ABK KM Bahagia Natuna asal Kabupaten Karimun yang tercebur di perairan Natuna, Provinsi Kepri Indonesia,” terang Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Joko Santoso, Minggu (15/1/2023)

Sebelum tercebur ke laut, kata Danlanal, juru masak kapal ini masih tertidur pulas di dalam kapal, sedangkan ABK kapal lainnya melaksanakan aktifitas, pada Jum’at (6/2/2023).

“Hingga keesokan harinya, pukul 04.00 WIB, oleh kru kapal tidak melihat Bambang di kapal lagi,” ungkap Danlanal.

Selanjutnya masih kata Danlanal, seluruh kru kapal mencari keberadaan Bambang, hingga ke seluruh ruangan dan badan kapal, hasilnya pun tetap nihil.

“Hingga akhirnya nahkoda melaporkan kejadian tersebut kepada petugas dan instansi terkait di Natuna, sekaligus melaporkan kejadian tersebut kepada pemilik Kapal di Karimun,” beber Danlanal.

Danlanal menambahkan, hingga sepekan Bambang terombang-ambing di lautan lepas, akhirnya berhasil diselamatkan oleh nelayan Vietnam pada Jum’at (13/1/2023.

“Berhasil ditemukan dalam kondisi selamat di perairan Vietnam, dengan jarak 435,4 mil dari lokasi terjatuhnya Bambang. Selanjutnya di evakuasi ke Kota Nha Trang, Khang Hoa Vietnam,” pungkasnya.

Hingga saat ini kata Danlanal, Bambang masih berada di Vietnam, dan pihak keluarga sendiri sudah berkoordinasi dengan Duta Besar Republik Indonesia di Vietnam.

“Melengkapi seluruh dokumen untuk kepulangan Bambang,” tandasnya.(Aman)

FANINDO

Honda Capella