Pemkab Pasbar Lakukan Kunjungan Lapangan dan Beberapa Kegiatan ke Jorong Simaninggir

HARRIS BARELANG

SUMBAR-Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melakukan kunjungan lapangan dan beberapa kegiatan ke Jorong Simaninggir Nagari Parit Kecamatan Koto Balingka, Jumat (20/1). Kunjungan lapangan dipimpin langsung Bupati Pasbar Hamsuardi bersama Wakil Bupati (Wabup) Risnawanto dan didampingi oleh Asisten Perekonomian Pembangunan, Staf Ahli Bidang Kesra, Kadis PUPR, Kadis DPPKBP3A, Kadis Perkim dan Pertanahan, Kadis Sosial, Kadis Kesehatan, Ketua Baznas dan stakeholder terkait lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, bupati bersama rombongan bersilaturrahmi dengan masyarakat untuk mengetahui dan membicarakan solusi dari permasalahan-permasalahan yang terjadi di Jorong Simaninggir terutama masalah krisis air, karena masyarakat setempat mengaku kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Setelah itu rombongan melanjutkan kunjungan lapangan melihat langsung ke sumber air bersih. Dari tinjauan yang dilakukan, bupati menyebutkan akan segera menyusun langkah-langkah untuk mengatasi kesulitan air di Jorong Simaninggir.

“Tentunya upaya ini kita lakukan secara bersama dan berkoordinasi dengan baik. Sehingga kesulitan yang dialami oleh masyarakat kita di Jorong Simaninggir ini secara perlahan dan berkala bisa kita atasi. Karena sumber air bersih adalah salah satu upaya untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan bersih, serta tumbuh kembang balita yang baik.

Dalam kunjungan lapangan tersebut bupati dan stakeholder terkait juga memberikan bantuan kepada 9 keluarga yang memiliki balita dengan masalah stunting. Rombongan juga memberikan motivasi kepada keluarga tersebut agar memperhatikan asupan gizi, pola asuh, kebersihan lingkungan dan ikut Posyandu.

Selain bantuan kepada balita, bupati dan wakil bupati beserta rombongan juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami situasi kemiskinan ekstrim. Kemiskinan ekstrim ini dialami oleh 9 warga di Simaninggir dan semuanya merupakan Lansia.

Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati bersama jajaran Pemda akan menjadikan Simaniggir sebagai daerah percontohan mengatasi kemiskinan ekstrim pada kondisi tersebut. Langkah-langkah kebijakan akan disusun berdasarkan data, situasi dan harapan serta kemampuan masyarakat untuk mengatasi kemiskinan ekstrim.

“Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan kita pada hari ini berjalan lancar, penuh dengan rasa kekeluargaan. Semoga apa yang sudah menjadi rencana kita bisa terwujud demi masyarakat Pasaman Barat khususnya di Jorong Simaninggir ini,” tutup Bupati Hamsuardi.(*/r)

Laporan :Taufik Chaniago

FANINDO

Honda Capella