Peduli Kemanusiaan, HUT Denpom Lanal TBK Ke-77 Gelar Donor Darah

Prajurit TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun antusias mengikuti bakti sosial donor darah, rangakaian HUT Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) ke-77 tahun 2023.(Foto: Istimewa)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 tahun 2023, Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) Tanjungbalai Karimun, menggelar bakti sosial berupa donor darah.

Para pendonor sangat antusias mengikuti kegiatan yang dipusatkan pada kantor Denpom Lanal Tanjungbalai Karimun, yang terletak di Jalan Tengku Umar, Kelurahan Balai Kota, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Pada bakti sosial donor darah, rangkaian pelaksanaan HUT kali ini mengusung tema “TNI AL Sebagai Prajurit Jalasena Yang Profesional, Modern, dan Tangguh Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

“Setetes darah kita bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,” kata Dandenpom Lanal Tanjungbalai Karimun, Kapten Laut (PM) Mahatma Adhi Pradana, Selasa (24/01/2023).

Mahatma menambahkan, rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Polisi Militer Angkatan Laut ke-77 sesuai yang telah direncanakan oleh pimpinan pusat Polisi Militer Angkatan Laut.

“Terdapat beberapa kegiatan yang telah terlaksana maupun yang akan dilaksanakan,” ungkapnya.

Untuk jumlah peserta donor darah sendiri, kata Mahatma sebanyak 50 calon pendonor.

Selanjutnya yang dapat mendonorkan darahnya berjumlah 32 orang. Para pendonor berasal dari beberapa instansi yang telah mengirimkan personelnya (perwakilan) yang memang sudah terbiasa mendonorkan darahnya.

“Pendonor yang tidak dapat mendonorkan darahnya 18 orang, dikarenakan tingkat Hb kurang memenuhi syarat,” papar Dandenpom.

Selanjutnya kata Dandenpom seluruh kantong darah yang telah terkumpul, kemudian diserahkan kepada PMI Cabang Karimun.

Kapten Mahatma menambahkan, makna dari kegiatan donor darah ini yakni sebagai wujud kepedulian prajurit TNI Angkatan Laut Korps Polisi Militer dalam pengabdiannya kepada masyarakat.

“Kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan stok darah di PMI Cabang Karimun, sehingga dapat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

Salah satu peserta donor darah, Eka mengapresiasi sekaligus mendukung penuh upaya PMI Cabang Karimun untuk mengumpulkan stok darah.

“Terlebih pada peringatan HUT Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) ke-77 tahun 2023. Kegiatan yang baik dan positif,” ujar Eka.

Karena menurutnya, donor darah tidak hanya mendatangkan manfaat bagi penerima donor saja, namun juga bermanfaat bagi pendonor karena darah yang dikeluarkan akan digantikan dengan sel-sel darah baru.

“Tiga bulan baru bisa donor darah lagi. Sangat bermanfaat bagi penerima donor, terlebih pendonor darah itu sendiri,” ucap Eka.(Aman/rls)

FANINDO

Honda Capella