Wabup Pasaman Barat Risnawanto Hadiri Pelantikan 270 PPS Se-Pasbar

HARRIS BARELANG

SUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), mengadakan Pelantikan dan Pengambilan serta Orientasi Tugas kepada 270 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Pasbar untuk Pemilu 2024. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah dilakukan oleh Ketua KPU Pasbar Alharis di Aula Kantor Bupati Pasbar, Selasa (24/1).

Wakil Bupati Pasbar Risnawanto saat menghadiri kegiatan itu mengucapkan selamat, atas pelantikan dan pengambilan sumpah 270 PPS se-Pasbar yang telah dilaksanakan. Ia berharap pelaksanaan Pemilu mendatang harus bersifat Langsung, Umum, Bebas, Rahasia serta Jujur dan Adil.

“Atas nama Pemda, para pejabat, unsur Forkopimda dan masyarakat Pasbar mengucapkan selamat atas pelantikan saudara dan adik-adik semua. Pemilu merupakan agenda nasional yang harus kita laksanakan, dengan beberapa persiapan dalam menyukseskan Pemilu itu,” ucapnya.

Ia berpesan kepada PPS se-Pasbar agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab, cerdas dan berintegritas sebagaimana azas dan prinsip Pemilu. Ia juga menjelaskan, babak baru untuk Pasbar seiring dengan pemekaran nagari dari 19 nagari menjadi 90 nagari.

“Untuk menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024, Pemkab Pasbar siap mendukung dan menyukseskan Pemilu tahun 2024,” tegas Risnawanto.

Sementara itu, Ketua KPU Pasbar Alharis menyebutkan dari data 999 orang pelamar calon PPS lolos administrasi sejumlah 940 orang. Hasil tahap CAT menyisihkan 550 orang, yang kemudian hingga menjadi 270 orang pada hasil seleksi akhir. Deretan tahap yang dilalui membuktikan besarnya antusias masyarakat yang mengikuti seleksi PPS.

“PPS yang dilantik hari ini membutuhkan fisik dan kesehatan yang kuat, tenaga fit, dan harus segera melakukan koordinasi tingkat nagari masing-masing. Sebab prosesnya akan panjang, dan sekali lagi selamat bertugas,” ungkapnya.

Laporan :Taufik Chaniago

FANINDO

Honda Capella