Program Sabtu Bersih, Berikan Edukasi Jaga Lingkungan Asri

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Guna menjaga dan memelihara lingkungan agar tetap bersih, asri dan nyaman, setiap akhir pekan, tim Sabtu Bersih (Saber) Kelurahan Tarempa melaksanakan gotong royong (Goro).

Tim Saber bersama masyarakat dan Babinsa Koramil 02 Tarempa, kompak membersihkan berbagai residu sampah industri rumah tangga.

“Kegiatan Saber yang diprakarsai oleh Kelurahan Tarempa merupakan kegiatan rutin gotongroyong setiap hari Sabtu,” terang Lurah Tarempa, Syamsir, Sabtu (13/5/2023).

Tentunya kata Syamsir, kegiatan tersebut bertujuan mengajak masyarakat agar mampu memberikan edukasi kepada warga Anambas, terutama masyarakat Tarempa tentang pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih dan asri.

Tim Sabtu Bersih (Saber) yang diinisiasi oleh Kelurahan Tarempa Kecamatan, Siantan Kabupaten Anambas Patut diacungi jempol.(Foto: Istimewa)

“Kegiatan ‘Sabtu Bersih’ merupakan kegiatan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, semoga kegiatan ini bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mampu menjaga kebersihan,” ujarnya.

Syamsir menambahkan, lokasi Saber setiap pekannya selalu berpindah-pindah. Saat ini warga bersatu padu memberangus sampah di bilangan Jalan Tongkol, Kelurahan Tarempa,Kecamatan Siantan.

“Pasalnya, lokasi tersebut merupakan tempat yang selalu kotor dan mendapatkan perhatian khusus, kesekian kalinya dibersihkan oleh Tim Saber Kelurahan Tarempa,” ucap Syamsir.

Untuk itu, menurutnya kegiatan dari program ‘Saber’ tersebut perlu mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah, Provinsi, maupun pemerintah pusat

“Agar seluruh Kelurahan, Desa, Kecamatan, serta Kabupaten, memiliki program sama seperti yang dilakukan oleh Saber Kelurahan Tarempa,” pungkasnya.

Kedepannya, ia berharap agar mampu memberikan edukasi kepada masyarakat, dapat membantu pemerintah untuk mengentaskan dan memberikan solusi permasalahan sampah.

“Implementasi ini merupakan program yang sudah bertahun-tahun dilaksanakan oleh Kelurahan Tarempa. Semoga wilayah lainnya juga melakukan hal yang sama, sehingga Kepri, dan Indonesia bebas dari sampah,” tandasnya.(Rama).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG