Kritik Anies Baswedan Soal Jalan Gratis Jokowi Dijawab oleh Tuan Guru Bajang Zainul Majdi

Anies Baswedan dan TGB Zainul Majdi
Anies Baswedan dan TGB Zainul Majdi. Foto ist

WARTAKEPRI.co.id – Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mengatakan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lebih banyak membangun jalan umum ketimbang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut disampaikan Anies saat pidato dalam acara Milad ke-21 PKS, di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/5/2023). Anies awalnya menyinggung pembangunan jalan tol era Jokowi.

Menurut Anies, pemerintah Jokowi berhasil membangun jalan tol sepanjang 1.600 km dan juga membangun jalan umum atau tak berbayar sepanjang 19 ribu km.

KPU KEPRI

“Bandingkan dengan zaman Pak SBY jalan yang tak berbayar adalah 144 ribu km atau 7,5 kali lipat. Bila dibanding jalan nasional pemerintah ini 590 km, 10 tahun sebelumnya 11 ribu km. 20 kali lipat. Kita belum bicara mutu, standar, itu baru panjang,” kata Anies, dikutip dari cnnindonesia.

Catatan Tuan Guru Bajang atas Pidato Jalan Anies Baswedan

Dan, sehari berikutinya, seperti dilansir di Twitter dan diberitakan Detik.com bahwa, Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi mengkritik data yang disampaikan bakal calon presiden (bacapres) Partai NasDem Anies Baswedan yang membandingkan pembangunan jalan di era Presiden Joko Widodo dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat berorasi di acara Milad PKS.

“Saya menyimak pidato bakal capres Anies Baswedan semalam. Pidatonya menarik, satu hal yang menarik adalah beliau mengkomparasikan pembangunan jalan tidak berbayar pada masa SBY dan Pak Jokowi,” kata mantan Gubernur NTB dua periode itu kepada detikBali, Minggu (21/5/2023).

BACA JUGA Hasil Survei Charta Politika, Prabowo dan Anies Baswedan Turun, Ganjar Melesat

Menurut TGB, Anies menyampaikan selama 10 tahun SBY membangun 144 ribu kilometer jalan nontol. Mulai jalan nasional, provinsi, hingga kabupaten/kota.

Hal itu disebutnya jauh lebih tinggi dibanding pencapaian Jokowi selama sembilan tahun menjabat hingga 2022 yang Anies sebut hanya 19 ribu km.

Anies pada kesempatan tersebut secara eksplisit menyampaikan pembangunan jalan di masa SBY lebih tinggi 7,5 kali lipat ketimbang masa Jokowi.

“Menyimak pidato ini saya punya satu catatan, bahwa Mas Anies tidak menyebut atau melupakan, saya tidak tahu ini disengaja atau tidak, mestinya sebagai capres beliau memaparkan data secara utuh,” ujar TGB.

Selengkapnya :

“Beliau tidak menyebutkan jalan desa yang terbangun pada masa Presiden Jokowi, selama sembilan tahun sampai akhir 2022 itu adalah lebih 316 ribu km jalan desa yang dibangun Pak Jokowi,” imbuhnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO