Ratusan Santri TPQ di Tanjung Riau Ikuti Pawai Taaruf 1 Muharam

Ratusan Santri TPQ di kelurahan Tanjung Riau Ikuti Pawai Taaruf 1 Muharam 1445 Hijriyah Rabu (19/7/2023). Pawai taaruf yang dipusatkan di Masjid Al-Ikhlas Dreamland. (Foto Istimewa)
HARRIS BARELANG

SEKUPANG – Sebanyak 600 santri dari 40 Taman Pendidikan Quran (TPQ) se-Kelurahan Tanjung Riau melaksanakan pawai taaruf menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriyah yang dilaksanakan oleh Badan Musyawarah Pengurus Guru-guru (BMPG TPQ) wilayah Tanjung Riau, Rabu (19/7/2023).

Pawai taaruf yang dipusatkan di Masjid Al-Ikhlas Dreamland, Sekupang ini berjalan meriah. Meski sempat diguyur hujan sejak pagi hari, ternyata tidak mempengaruhi perayaan yang digelar untuk menyambut Tahun Baru umat Islam tersebut.

Hermawan, Pengurus BMGQ Kecamatan Sekupang Koordinator Tanjung Riau mengatakan, pawai taaruf menyambut tahun baru Islam 1 Muharam merupakan agenda rutin yang dilaksanakan BMPG wilayah Tanjung Riau.

“Tahun ini kita pusatkan di masjid Al-Ikhlas Dreamland. Kegiatan ini merupakan perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT dan juga sebagai sarana silaturahmi antar sesama umat Islam di Kelurahan Tanjung Riau,” ujarnya Hermawan.

Pawai taaruf dimulai dari tausiah dongeng islami bersama Ustadzah Elis, lalu pembacaan al-quran dan pembacaan doa serta sholawat kepada Allah SWT. Selain itu ada juga pembagian doorprize.

“Perayaan tahun baru Islam seharusnya lebih ramai dari perayaan tahun baru 1 Januari. Karena momen ini merupakan perayaan tahun barunya umat Islam yang mengandung banyak makna. Sebagai umat Islam kita punya kewajiban untuk memperingatinya,” tambah Hermawan.

Ia berharap dengan hadirnya tahun baru Islam 1445 Hijriah ini dapat menjadi momemtum untuk instropeksi diri. Selain itu melalui kegiatan ini semakin mengenalkan ke masyarakat bahwa TPQ di Tanjung Riau benar-benar berjalan sehingga remaja dan anak-anak bisa mengaji dan belajar agama di TPQ.

“Tidak ketinggalan kami juga mengucapkan terimakasih kepada masjid Al-Ikhlas Dreamland sebagai tuan rumah dan kami mendukung perjuangan umat islam yang ada di Dreamland untuk segera memiliki masjid permanen,” tutupnya.

Ketua DKM Masjid Al Ikhlas Dreamland Zainal Aripin mengaku bersyukur atas dipilihnya masjid Al-Ikhlas Dreamland sebagai tuan rumah pawai taaruf se-Kelurahan Tanjung Riau. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga bisa berjalan meriah.

“Meskipun masjid kami masih dalam keadaan menyewa, ada perhatian dari pemerintah dan alhamdulillah kami Masjid Al-Ikhlas Dreamland ditunjuk untuk menjadi tuan rumah BMPG se-Tanjung Riau. Mudah-mudahan dengan acara ini ke depannya kami bisa memiliki masjid sendiri,” ujar Zainal.

Di tempat yang sama Ketua Yayasan Ikhlas Bersama Dreamland Adi Priyanto mengaku bangga atas ditunjuknya masjid Al-Ikhlas Dreamland sebagai tuan rumah peringatan 1 Muhrram 1445H. Menurutnya dengan agenda sebesar ini menunjukkan bahwa masjid Al-Ikhlas siap walaupun dalam hal ini masjid Al-Ikhlas belum memiliki rumah ibadah permanen.

“Insyallah kami akan selalu mendukung agenda pemerintah yang sekiranya bisa dilakukan di lingkungan Masjid Al-Ikhlas. Kita juga sangat berharap sekali untuk ke depannya masjid kami ini bisa menjadi sentral peradaban umat Islam itu sendiri,” tutupn Zainal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG