Ikuti Perkembangan Zaman, Seorang Guru Harus Mampu Memanfaatkan Inovasi IT Untuk Mengajar

Guru Bintan 2023
Guru menyampaikan pembelajaran menggunakan media proyektor dan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Pembelajaran dapat didefinisikan sebagai suatu proses membelajarkan peserta didik yang telah direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi agar siswa/peserta didik mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien, Kamis (10/8/2023).

Pesatnya perkembangan zaman pada saat sekarang ini tidak terbendung lagi, Perubahan dan perkembangan meliputi semua sektor kehidupan sehari-hari. Begitu juga yang terjadi di dunia pendidikan pada saat sekarang, begitu banyak program pemerintah untuk meningkatkan inovasi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas.

Untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa, seorang guru sebagai pendidik di sekolah harus dapat melakukan inovasi. Baik dalam menggunakan model, media, dan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi dan kemampuan siswa dalam melakukan proses pembelajaran di kelas.

Penggunaan model, media, dan metode yang tepat sangat berpengaru terhadap hasil dan motivasi belajar siswa di dalam kelas.

Beberapa contoh model-model pembelajaran yang dapat diterapakan dalam pembelajaran di kelas seperti PBL (Problem-based Learning), PJBL (Project-based Learning), dan (Discovery learning).

BACA JUGA Terapkan Model Pembelajaran yang Tepat dan Berikan Reward dan Pujian ke Siswa Berhasil

Menurut banyak jurnal, model-model pembelajaran tersebut mampu dan tepat untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa karena model pembelajaran tersebut berfokus pada kerjasama, kemandirian, dan kreativitas yang dimiliki siswa dan didukung oleh sarana prasarana yang dimiliki sekolah serta kemampuan seorang guru daalam menggunakan IT.

Kemajuan Zaman membuat seorang guru harus mampu mendidik dan mengedukasi siswa dalam hal inovasi IT, sehingga materi pembelajaran dapat diserap, sebab pembelajaran inovasi IT harus dapat sejalan saat ini bagi peserta didik.

Penulis: Darul Qutni,S.Pd
Guru SD Negeri 001 Bintan Utara, Kabupaten Bintan – Kepulauan Riau

Kiriman : Agus Ginting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG