Walikota Rudi Dorong Gerakan Pramuka Meningkatkan SDM Lebih Profesional

GALERI 24

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menodorong agar Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang lebih profesional.
Hal itu sesuai tema peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023. Adapun, tema HUT ke-62 Pramuka tersebut yakni Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan.
“Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional,” ujar Rudi usai memperingati HUT ke-62 Pramuka tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri, Jumat (18/8/2023).
Selain itu, Rudi juga berpesan kepada para Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Majelis Pembimbing di semua tingkatan, untuk terus dapat memberikan bimbingan dalam rangka memajukan Gerakan Pramuka.
Ia juga mengapresiasi para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung pendidikan Gerakan Pramuka.
“Mari bersama memajukan Pramuka. Selamat HUT ke-62 Pramuka, semoga Gerakan Pramuka semakin jaya dan sukses,” ucap Rudi.
Peringatan HUT ke-62 Pramuka tingkat Kota Batam tersebut dipimpin oleh Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi sebagai Inspektur Upacara.
Dalam amanatnya, Marlin, mengajak semua anggota Pramuka bersyukur kini Pramuka genap berusia 62 tahun tepat pada tanggal 14 Agustus 2023.
“Untuk itulah, kita perlu bersyukur bahwa Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter,” ujar Marlin.
Ia berpesan, Pramuka untuk meningkatkan wawasan Kebangsaan hingga menanamkan nasionalisme, cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara.
“Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” pesan Marlin.
Di kesempatan itu, Marlin juga membacakan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso. Dalam sambutan itu, Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas Gugusdepan-Gugusdepan Pramuka di mana pun berada.
“Untuk itu, saya berharap bahwa Kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas Gugusdepan yang berada di wilayah masing-masing,” kata Marlin.
Ia menuturkan, pada tahun ini juga akan dilaksanakan sejumlah kegiatan nasional. Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada Tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh.
“Marilah kita bersama- sama untuk mendukung serta mensukseskan kegiatan-kegiatan tersebut. Saya berharap kiranya kakak-kakak dan adik-adik turut mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan tingkat nasional tersebut,” ujarnya.
Khusus terkait Musppanitra dan Munas Gerakan Pramuka, saya berharap agar Kwartir Daerah tidak sekadar memperhatikan soal pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas saja, melainkan juga ikut membahas Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Program Kerja Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan.
Pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas jangan dijadikan ajang seperti pemilihan dalam kaitan politik praktis; justru kita hendaknya tetap mengutamakan persahabatan dan persaudaraan sesuai dengan Kode Kehormatan kita, yaitu Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.
“Ingatlah bahwa sesungguhnya kita semua adalah bersaudara, dan apabila terdapat masalah internal hendaknya cukup diselesaikan di antara kita sendiri. Sementara itu, terkait dengan Rencana Strategis, Rencana Kerja dan Program Kerja, saya meminta perhatian kakak-kakak semuanya agar dapat untuk ikut membahasnya dengan sebaik mungkin,” ujar Marlin menyampaikan pesan Budi Waseso.
Hal itu dimaksudkan agar jalannya aktivitas Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan dapat semakin eksis dan lebih optimal.
“Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang- Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman,” katanya.
“Tentu harapan kita agar melalui perbaikan Undang-Undang tersebut dan pengembangan teknologi dan informasi akan dapat
menjadikan Gerakan Pramuka semakin berdaya guna dan berhasil guna,” tambah Marlin.
Dalam upacara HUT ke-62 Pramuka tingkat Kota Batam tersebut diikuti anggota Pramuka se-Kota Batam, pengurus Pramuka, hingga pejabat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News