Bupati Pasaman H.Benny Kunjungan Kerja Acara Alek Haul Nagari di Simpati

GALERI 24

WARTAKEPRI.co.id,Pasaman-Kunjungan Kerja Bupati Pasaman disambut ribuan masyarakat dan jamaah Masjid Raya Syeikh Muhammad Zein Tanjung Medan Nagari simpang Kecamatan Simpati, dalam acara ” Alek Haul nagari, minggu (24/9/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, selain Bupati Pasaman H.Benny Utama, diantaranya Anggota DPRD Pasaman Hendri, Khadafi, ( Dapil 5 Pasaman), Asisaten, Kepala OPD, Camat Simpati, Wali Nagari Simpang, Niniak Mamak dan Tokoh masyarakat.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat yang juga selaku panitia alek Asril datuak Muncak dalam kegiatan tersebut menyebutkan , Kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat simpang atas terselenggaranya kegiatan Haul nagari dengan baik,

Dengan adanya Alek Haul nagari ini, Kito gadang tali silaturahmi niniak mamak dan cucu kamanakan, baiak nan dikampuang jo nan di rantau, dengan moto Kamudiak sagantak galah, kahilia sarangkuah gayuang, jelas Asril,

Ia juga menjelaskan , Dalam kegiatan Haul ini, dari keluarga besar anak cucu Syeikh Muhammad Zein telah menyumbangkan 1( satu) ekor Lembu, untuk dipergunakan pada alek Haua yang dilaksanakan diderah tersebut,

Pucuak adat Nagari simpang “Rico Anjuja. S.STP Dt.Putiah dalam sambutanya mengatakan. Atas nama niniak mamak dan masyarakat simpang ,terima kasih atas kehadiran Bupati Pasaman H Benny Utama dan rombongan,

Salah seorang putra Seikh Muhammad Zein ,Admin M.Zein dalam kesempatan tersebut mengatakan, Dari anak cucu Muhammad Zein sendiri akan siap membantu Perbaikan masjid tersebut, tentunya tidak terlepas dari peran Masyarakat dan pemerintah setempat,

Sementara itu anggota DPRD Pasaman Ahmad Kadafi dalam kesempatan tersebut mengatakan, Selaku anak nagari dan cucu kamanakan daerah ini, sangat mendukung kegiatan Haul nagari, dan Semoga nilai nilai yang terkandung dalam kegiatan haul nagari tersebut dapat dilestarikan terhadap anak cucu kamanakan kita nanti.

Bupati Pasaman H.Benny Utama Kari Ibrahim saat memberikan sambutanya pada kegiatan tersebut menyebutkan, Budaya Haul ini terus kita jaga dan lestarikan, hal ini dibeberapa daerah sudah jarang ditelaksanakan, diharapkan dengan kegiatan haul ini yang merupakan tata cara berdoa untuk keselamatan masyarakat terkhusus terjauh nya dari musibah terhadap hasil pertanian.

Dalam hal ini Pemerintah daerah sangat mendukung terhadap kegiatan Budaya Haul ini, hal ini sangat tetkait dengan program prioritas Pasaman diantaranya Pasaman Berbudaya dan Pasamman Berimtaq,”terang Benny Utama.

Terkait dengan dekatnya pelaksanaan Pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 ,Benny Utama mengajak masyarakat untuk bijak dalam memilih calon yang akan dipilih.

Untuk itu pastikan, kita terdaftar dalam daftar pemilih. hal tersebut merupakan hak kita sebagai warga negara yang baik, suara kita akan menentukan nasib bangsa ini kedepan terang Benny Utama.

Tidak ketinggalan, BupatI Pasaman H.Benny Utama Kari Ibrahim dalam kesempatan tersebut , sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap pelestarian budaya, membantu secara langsung terhadap penyelenggaraan acara tersebut uang sebesar 2 juta rupiah.

Usai kegiatan, juga diselenggarakan jamuan makan bajamba yang di ikuti seluruh jamaah termasuk Bupati Pasaman dan rombongan di lokasi tersebut.

Sebelumya puluhan bundo kanduang ,dengan berjalan gemulai sambil membawa jamba diatas kepala, satu persatu memasuki pekarangan masjid Masjid Raya Syeikh Muhammad Zein, yang nantinya untuk disiapkan sebagai hidangan makanan bajamba.

Usai pelaksanaan Alek Haul Nagari Simpang, Pada hari yang sama Bupati Pasaman dan rombongan juga mengikuti Peringatan Maulid Nabi 1445 H yang dilaksanakan di Masjid Raya Alahan Mati yang di ikuti ratusan jamaah dan masyarakat setempat.

Peringatan Maulid nabi tersebut juga dilaksanakan Ceramah agama yang di bawakan oleh ustad Yulnedi Malin basa,.S.Sos I, (*/r).

Kiriman: Taufik Chaniago

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News