Komitmen dan Tanggung Jawab Kelestarian Lingkungan, PT Timah Tbk Pasang Penahan Abrasi

PT Timah Tbk melakukan sosialisasi pemasangan penahan abrasi pantai kepada warga Sawang, Tanjungbatu, Kabupaten Karimun.(Foto: Istimewa)
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – PT Timah Tbk segera memasang penahan abrasi di sekitar Pantai Sawang.

Nantinya, pemasangan penahan abrasi pantai tersebut sepanjang 150 meter di wilayah pesisir pantai.

“Sebelum memasang penahan abrasi, PT Timah Tbk melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar agar nantinya dapat diketahui oleh masyarakat,” terang Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan, Jum’at (06/10/2023), saat menyampaikan sosialisasi kepada warga di gedung Tok Judah, Kelurahan Sawang.

Dalam sosialisasi tersebut, kata Anggi PT Timah Tbk juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukannya, sehingga kedepannya dapat saling mendukung dan bersinergi.

“Sejak tahun 2017 PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur telah melakukan pemasangan penahan abrasi sebagai komitmen dan juga tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan,” paparnya.

Masih kata Anggi, hal ini terbukti efektif mampu mengurangi dampak abrasi pada lokasi yang sudah dipasang penahan abrasi.

“Di sekitar penahan abrasi yang dibangun PT Timah Tbk juga menjadi objek wisata baru sehingga mampu memberikan dampak ekonomi bagian masyarakat,” beber Anggi.

Sementara itu, Ketua RW. 01 Kelurahan Sawang, Rafani mengapresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Timah Tbk yang telah memperhatikan lingkungan di sekitar pantai Sawang.

“Dengan melakukan pemasangan penahan abrasi sepanjang 150 meter,” ucap Rafani.

Tentu menurutnya, hal tersebut akan sangat membantu masyarakat disekitar untuk mengurangi dampak abrasi yang terimbas.

“Setiap tahun dampaknya akan semakin parah dan memperihatinkan,” katanya.

Terlebih, kata Rafani pada kawasan tersebut selain pemukiman warga, juga terdapat pemakaman para orang tua (leluhur) dan tokoh masyarakat terdahulu.

Sebagai bentuk komitmen dan tanggungjawab perusahaan, PT Timah Tbk akan terus menjaga kelestarian lingkungan.(Foto: Istimewa)

“Apabila dibiarkan tentu dampak abrasi tersebut akan membuat masyarakat sekitarnya menjadi tidak tenang serta tidak menutup kemungkinan akan menggerus makam tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mewakili masyarakat RW. 01 Kelurahan Sawang sangat bersyukur dan berterimakasih dengan adanya program pemasangan penahan abrasi dari PT Timah Tbk.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Karang Taruna Kelurahan Sawang, Mardani.

Pihaknya sangat mendukung penuh kegiatan tersebut dan memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Harus didukung penuh oleh seluruh lapisan masyarakat, untuk mengurangi dampak abrasi,” katanya.

Lurah Sawang, Azman menyebut, pihaknya sangat dan mendukung kegiatan ini, karena pantai Sawang dampak abrasi sangat jelas terlihat.

“Sehingga dengan adanya program pemasangan penahan abrasi dari PT Timah tentu dapat mengurangi abrasi yang terjadi,” sebut Azman.

Di lapangan disekitar pantai Asmara Dewi, Kelurahan Sawang sendiri, kata Azman sudah dipasang penahan abrasi sepanjang 400 meter pada tahun 2020 lalu.

“Saat ini sangat minim terjadi abrasi. Sehingga kegiatan seperti ini harus kita dukung terus,” ucap Azman.

Camat Kundur Barat, Saiful turut mengapresiasi atas komitmen PT Timah Tbk terhadap lingkungan. Dimana apabila terjadi abrasi tersebut, dan tidak ada yang peduli sama sekali, maka masyarakat yang akan menjadi korban.

“Kita ketahui bersama sampai saat ini hanya PT Timah terus melakukan kegiatan pelestarian lingkungan seperti penanaman mangrove dan juga pemasangan penahan abrasi,” ujar Saiful.

Untuk itu pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program tersebut, seraya mendo’akan PT Timah agar terus maju dan berkembang.

“Agar terus maju dan berkembang dalam memproduksi SDA, dengan tetap memperhatikan dampak terhadap kelestarian lingkungan,” tandasnya.(Aman/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG