Akibat Cuaca Berkabut, Amin Nelayan Hilang di Jemaja Ditemukan Selamat

Nelayan Amin Jemaja Ditemukan 1
Akibat Cuaca Berkabut, Amin Nelayan Hilang di Jemaja Ditemukan Selamat


WARTAKEPRI.co.id, JEMAJA – Setelah diinformasikan hilang kontak pada Sabtu 7 Oktober 2023, akhirnya Amin Nelayan dari Desa Air Biru, Kecamatan Jemaja ditemukan dan kondisi sehat. Amin berserta pompongnya ditemukan terombang-ambing oleh Nelayan Isad dan rekannya saat melaut di sekitar perairan Pulau Pahat, Kabupaten Anambas, Minggu (8/10/2023).

Isad nelayan dari Pulau Ladan Kabupaten Anambas. Amin ditemukan berada pada koordinat 3°19’33.30″N 106° 4’10.90″E atau sejauh 60 nm ke arah Timur Laut dari lokasi awal dirinya melaut di perairan Pulau Damar, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas.

Dikonfirmasi dari Kepala Unit Siaga SAR (USS) Jemaja, peristiwa tersebut diakui Amin setelah dirinya dan beberapa rekannya berbeda pompong pergi melaut di sekitar perairan Pulau Damar. Saat hendak kembali menuju daratan, naas bagi Amin yang kehilangan arah dan terpisah dari rekan-rekannya disebabkan cuaca yang berkabut. Disorientasi arah yang disebabkan kabut tebal tersebut yang membuat dirinya tersesat hingga Pulau Pahat.

Upaya Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna melalui Unit Siaga SAR (USS) Jemaja dan Pos SAR Anambas yang langsung bergerak menuju kediaman keluarga serta berkoordinasi dengan unsur pemerintah terkait di Kabupaten Anambas untuk mencari data dan informasi berbuah hasil. Survival berhasil ditemukan setelah adanya upaya koordinasi yang baik antara pelapor maupun pihak keluarga korban bersama TNI dan Polri dan Masyarakat Nelayan.

Upaya koordinasi bersama unsur pemerintah terkait telah dilakukan meliputi Pos AL Jemaja, Koramil Jemaja, Polsek Jemaja, BPBD Anambas, Kades Air Biru dan HNSI Jemaja, serta Badan Keamanan Laut (Bakamla) Natuna.

“Kita mendapat informasi bahwa nelayan yang hilang kontak telah ditemukan selamat dan sudah ditarik menuju Desa Palah di Kecamatan Palmatak, Kabupaten Anambas,” jelas Abdul Rahman, Kakansar Natuna.

Pihaknya juga berterima kasih kepada seluruh unsur yang telah terlibat membantu baik dalam upaya koordinasi hingga upaya pencarian. Hingga nelayan tersebut ditemukan dan berhasil diselamatkan.

“Kami berterima kasih atas peran serta dukungan dan upaya bersama seluruh pihak untuk peristiwa pencarian dan pertolongan ini. Semoga menjadi amal baik bagi kita semua dan senantiasa diberikan kemudahan di dunia,” tutup Kakansar saat mengakhiri Operasi Pencarian. (Mhr)

Kiriman : Rama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News