Bupati Pasbar Gelar Rakor Bahas Inflasi Jelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri

Bupati Pasbar Gelar Rakor Bahas Inflasi Jelang Ramadhan
Bupati Pasaman Barat Hamsuardi menggelar Rakor Pengendalian Harga, Senin (4/3/2024) (taufik)
HARRIS BARELANG

PASAMAN BARAT – Bupati Hamsuardi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi di Ruang Balkon Kantor Bupati pada Senin (4/3/2024).

Rakor ini dilakukan secara terpadu melalui offline dan online dengan semua stakeholder. Membahas pengendalian inflasi menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Mendagri RI Tito Karnavian memberikan instruksi kepada Provinsi 10 besar inflasi tertinggi nasional untuk mengadakan rapat bersama Forkopimda dalam mencari solusi pengendalian inflasi di daerahnya masing-masing.

BACA JUGA: Pemko Tanjungpinang Apresiasi Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Provinsi Kepri

Langkah-langkah yang diambil antara lain menjaga kondusifitas situasi, memeriksa kelengkapan sarana prasarana transportasi, melakukan sidak pasar, dan tindakan terhadap penimbunan pangan.

Kepala BPS RI Amalia Adininggar Widyasanti menyoroti bahwa ongkos transportasi, terutama transportasi udara, menjadi penyumbang inflasi pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Komoditas seperti telur ayam, daging sapi, dan daging ayam menjadi penyumbang inflasi menjelang hari raya.

BACA JUGA: Optimalisasi Layanan, Rutan Karimun Studi Banding ke Kanwil Kemenkumham Bali

Kenaikan harga beras disebabkan oleh turunnya produksi dalam negeri dan kenaikan harga di pasar global karena ketergantungan Indonesia pada impor beras.

Direktur Utama Bulog Bayu Khrisnamurti menyatakan upaya pengamanan cadangan beras masih aman. Namun perlu percepatan penyaluran beras cadangan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan keluarga penerima bantuan pangan.

Perwakilan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan mengingatkan agar tidak terjadi monopoli harga dan stok pasokan dalam mekanisme perdagangan.

Sementara Bupati Pasbar Hamsuardi menekankan perlunya keseriusan OPD terkait untuk melakukan intervensi dalam pengendalian inflasi dan meningkatkan sinergi antar stakeholder.

Plt Asisten Bidang Ekbang, Endang Rirpinta menambahkan bahwa Pemkab Pasaman Barat sedang melakukan sidak pasar dan mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam mengkonsumsi pangan. (taufik)

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG