Hadapi Idul Fitri 2024, Pemerintah Lakukan Apel Siaga dan Gerakan Pangan Murah Nasional

Hadapi Idul Fitri 2024, Pemerintah Lakukan Apel Siaga dan Gerakan Pangan Murah Nasional
Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara dan Pj. Walikota Tanjungpinang Hasan turut serta dalam Rakor tersebut melalui Zoom Meeting. (foto diskominfo kepri)
HARRIS BARELANG

KEPRI – Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah proaktif dalam menghadapi Idul Fitri 2024 dengan menyelenggarakan Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak di seluruh Indonesia.

Rapat Koordinasi (Rakor) tersebut, yang diadakan di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Senin (1/4), dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan termasuk perwakilan dari Provinsi Kepulauan Riau.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara dan Pj. Walikota Tanjungpinang Hasan turut serta dalam Rakor tersebut melalui Zoom Meeting. Di seluruh Indonesia, 341 titik di 300 Kabupaten/Kota menggelar kegiatan GPM secara serentak.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan menjelang hari raya serta memastikan ketersediaan pangan yang cukup bagi seluruh masyarakat.

Kepala Badan Pangan Nasional Indonesia, Arief Prasetyo Adi, menegaskan pentingnya kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yang diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agri Bisnis Musdhalifah Machmud, menekankan kerjasama lintas sektor dan lintas daerah dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri.

Menteri Pertanian, yang diwakili oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Indonesia Deddy Nur Samsy, memastikan stok pangan di Indonesia untuk tiga bulan ke depan aman. Ini berkat koordinasi efektif antara pemerintah, produsen, distributor, dan pengecer.

Sekretaris Daerah Kepri Adi Prihantara menjamin ketersediaan stok pangan di Kepri untuk tiga bulan ke depan, serta harga pangan yang tetap terjangkau bagi masyarakat setempat.

Di tengah upaya pemerintah, masyarakat pun turut merasakan manfaatnya. Suwarni, warga Tanjungpinang Barat, mengungkapkan rasa terbantunya dan harapannya akan adanya kegiatan pasar murah di masa mendatang. (yadi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG