XL Axiata Bersiap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan Jelang Libur Panjang Lebaran 2024

XL Axiata Bersiap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan Jelang Libur Panjang Lebaran 2024
Seorang teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeliharaan perangkat BTS (Base Transceiver Station) di sebuah tower seputaran Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Kota Medan – Langkat yang berada di Desa Payabakung, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Senin (25/3). XL Axiata memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Peningkatan kualitas jaringan secara rutin XL Axiata lakukan sesuai peningkatan trafik, antara lain dengan penambahan BTS baru, penambahan jaringan fiber optik dan kapasitas BTS, serta optimalisasi jaringan. Perluasan ini akan terus dilakukan agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk yang terhubung dengan jalan Tol Trans Sumatera. (foto dok xl axiata)
HARRIS BARELANG

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah melakukan persiapan matang dalam menghadapi lonjakan trafik layanan menjelang libur panjang Lebaran 2024. Diprediksi bahwa trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10% – 20% dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk mengantisipasi hal ini, XL Axiata telah memperkuat jaringan telekomunikasi dan data serta melakukan uji jaringan di jalur utama pulang kampung dan liburan di berbagai daerah, termasuk di sepanjang Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menjelaskan bahwa momen Lebaran selalu menjadi tantangan bagi operator telekomunikasi dan data karena adanya lonjakan trafik yang signifikan.

Tidak hanya lonjakan, tetapi juga perpindahan lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi wisata.

Untuk menghadapi hal ini, XL Axiata tidak hanya menambah kapasitas jaringan, tetapi juga memiliki strategi rekayasa trafik yang tepat untuk menghindari kepadatan di lokasi-lokasi dengan trafik tinggi.

Gede juga menjelaskan bahwa kenaikan trafik selama Lebaran disebabkan oleh semakin banyaknya aktivitas digital masyarakat Indonesia, termasuk silaturahmi dan berlebaran, serta akses terhadap informasi dan hiburan.

Diperkirakan trafik XL Axiata akan meningkat antara 10% – 15% selama masa libur Lebaran, bahkan bisa mencapai 20%.

“Saat ini, di hari normal biasa, sebenarnya jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2 – 3 kali lipat dari hari normal,” imbuh Gede.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya adalah optimasi jaringan dengan memperhatikan pergerakan mobilitas masyarakat selama liburan Lebaran. Fokus juga diberikan pada daerah-daerah yang menjadi tujuan mudik dan wisata, terutama di Pulau Jawa.

XL Axiata juga telah menyiapkan sumber daya yang memadai, termasuk tim teknis yang siaga selama 24 jam, 7 hari seminggu, serta armada mobile BTS untuk mendukung penguatan jaringan di lokasi-lokasi yang rawan kepadatan trafik.

Selain itu, XL Axiata juga menyediakan layanan pelanggan yang siaga selama 24 jam, baik melalui call center maupun layanan digital.

Untuk memastikan kualitas jaringan di jalur mudik Sumatera dan Jawa, XL Axiata telah memperluas jaringan data berkualitas 4G LTE serta melakukan peningkatan kapasitas jaringan dan optimalisasi jaringan. Selain itu, penguatan infrastruktur jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur utama di Pulau Jawa, baik tol maupun non-tol.

Dengan langkah-langkah ini, XL Axiata berharap dapat memberikan layanan yang prima kepada pelanggannya selama libur panjang Lebaran, menjaga kenyamanan serta memastikan akses komunikasi yang lancar bagi masyarakat Indonesia. (ichsan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG