Polsek Bengkong: Pasang Kunci Ganda dan CCTV, Lindungi Motor Anda dari Pencurian

Polsek Bengkong: Pasang Kunci Ganda dan CCTV, Lindungi Motor Anda dari Pencurian
Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir (ist)

BATAM – Polsek Bengkong mengeluarkan imbauan kepada warga untuk memasang kunci ganda pada sepeda motor dan CCTV di rumah mereka.

Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi maraknya pencurian sepeda motor di wilayah Kecamatan Bengkong, Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir, menyampaikan pentingnya upaya pencegahan untuk mengurangi tindak pidana curanmor.

PKP EXPO

“Beri kunci tambahan agar kendaraan yang kita parkir dalam kondisi aman dari aksi pencurian,” ujar Doddy pada Rabu (22/5/2024).

Doddy menegaskan bahwa pencegahan tidak hanya menjadi tanggung jawab polisi, tetapi juga memerlukan peran aktif masyarakat.

“Selain penindakan yang kita upayakan, perlu juga upaya pencegahan. Ini semua tidak terlepas dari peran masyarakat itu sendiri untuk lebih meningkatkan keamanan kendaraannya,” katanya.

Untuk meningkatkan keamanan, Polsek Bengkong akan memperbanyak patroli di pemukiman dan daerah rawan kejahatan.

Doddy juga mengimbau warga untuk memasang kamera CCTV di rumah mereka, yang akan membantu polisi dalam mengidentifikasi dan menangkap pelaku kejahatan.

“Tingginya kesadaran masyarakat dalam mengantisipasi tindak kejahatan dan peran kami yang meningkatkan patroli. Semoga bisa mempersempit ruang serta kesempatan bagi para pelaku untuk melakukan kejahatan,” tambah Doddy.

Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Bengkong, Iptu Marihot Pakpahan, juga menekankan pentingnya pengawasan orang tua terhadap anak-anak mereka . Gunanya untuk mencegah keterlibatan dalam tawuran atau kenakalan remaja.

“Awasi anak-anak kita, jangan biarkan pulang hingga larut malam yang bisa menimbulkan potensi hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Marihot.

Baru-baru ini, Polda Kepri bersama Polresta Barelang dan jajaran Polsek berhasil mengungkap sejumlah kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Pada konferensi pers Senin (20/5), empat tersangka dan 36 unit motor berbagai merek diamankan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri.

Polresta Barelang pada Selasa (21/5) juga mengumumkan penyitaan 60 sepeda motor selama periode Januari hingga Mei 2024 oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Barelang dan delapan Polsek jajaran. Termasuk Polsek Bengkong, Sagulung, Sekupang, Seibeduk, Nongsa, Batuampar, Lubukbaja, serta Polsek Batam Kota.

Dalam total 47 laporan polisi, 47 tersangka ditangkap. Para pelaku beraksi dengan berbagai modus operandi, termasuk mematahkan stang motor, merusak kunci dengan kunci T, dan berpura-pura memberikan bantuan sebelum mencuri motor korban.

Para pelaku yang ditangkap dijerat dengan pasal 363 ayat 1-2 ke-4 dan ke-5 serta pasal 362 KUHP junto (JO) Pasal 65, dengan ancaman kurungan penjara selama-lamanya 7 tahun. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24