Artis Caleg Terpilih DPR RI Masuk Bursa Pilkada Serentak 2024: Ini Kata Dede Yusuf dan Pasha Ungu

Artis Caleg Terpilih DPR RI Masuk Bursa Pilkada Serentak 2024
Dede Yusuf, lebih memilih tetap jadi anggota DPR RI daripada maju dalam Pilkada Serentak 2024 (dok viva)

BATAM – Sejumlah nama artis calon anggota legislatif (Caleg) terpilih DPR RI telah muncul dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak 2024.

Diantaranya, artis Dede Yusuf dan Sigit Purnomo, yang lebih dikenal sebagai Pasha Ungu. Keduanya berhasil terpilih sebagai Caleg dalam Pemilu 2024.

Dalam menunggu pelantikan menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029 pada 1 Oktober 2024 mendatang, nama-nama ini telah muncul dalam bursa Pilkada Jakarta 2024.

PKP EXPO

Dede Yusuf didorong oleh Partai Demokrat. Sementara Pasha Ungu didorong oleh Partai Amanat Nasional (PAN).

Dalam Pileg 2024, Dede Yusuf berhasil meraih suara sebanyak 210.179 suara. Mengamankan satu kursi untuk Partai Demokrat dari Daerah Pemilihan Jawa Barat II.

Sementara itu, Pasha Ungu mengantongi 50.222 suara.Dia berhasil mengamankan satu kursi untuk PAN dari Dapil DKI Jakarta III.

Namun, jika keduanya memutuskan untuk maju dalam Pilkada 2024, mereka harus mundur dari DPR RI sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Pilkada.

Hal ini karena pengumuman pendaftaran pasangan calon kepala daerah akan dilaksanakan pada 24-26 Agustus 2024. Serta penetapan pasangan calon kepala daerah akan dilakukan pada 22 September 2024.

Menyikapi hal ini, Dede Yusuf menolak dimajukan menjadi kepala daerah dalam Pilkada Serentak 2024 karena syarat maju Pilkada adalah mundur dari anggota DPR RI.

Sebagai mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf menyatakan bahwa mundur dari anggota DPR RI akan membuatnya kehilangan semua jabatan dan posisinya.

Begitu pula dengan Pasha Ungu, yang lebih memilih fokus menjadi anggota DPR RI.

Meskipun nama-nama mereka masuk dalam bursa Pilkada, Dede Yusuf menyerahkan kepada kader Demokrat lainnya untuk maju, sementara Pasha Ungu lebih memilih fokus di DPR RI.

Meskipun demikian, sosok yang akan diusung dalam Pilkada Jakarta masih dalam proses penggodokan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Pasha Ungu menegaskan bahwa akan memilih untuk tetap fokus di DPR RI daripada maju dalam Pilkada. Namun, keputusan akhir masih bergantung pada proses penentuan kader yang akan didorong oleh partai untuk maju di Pilkada Jakarta. (*/den)

Sumber: tribunnews

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24