PPDB SMA dan SMK Negeri Riau Berjalan Sukses dan Berintegritas, Pemprov Riau Biayai Sekolah Siswa di Swasta

PPDB SMA dan SMK Negeri Riau Berjalan Sukses dan Berintegritas, Pemprov Riau Biayai Sekolah Siswa di Swasta
Plt Kadisdik Provinsi Riau Roni Rahmat (ist)

PEKANBARU – Pelaksanaan Kegiatan PPDB Online Jenjang SMA dan SMK Negeri Provinsi Riau resmi ditutup pada tanggal 29 Juni 2024 pukul 13.00 WIB, dengan proses verifikasi dokumen hingga pukul 23.59 WIB. Berdasarkan data yang masuk ke Sistem PPDB Online, total pendaftar mencapai 97.638, dengan 60.925 memilih SMA dan 36.713 memilih SMK.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau, Roni Rakhmat, menyampaikan pada Senin (1/7/2024) bahwa mulai pukul 00.00 WIB pada tanggal 30 Juni 2024, Sistem PPDB Online melakukan proses rekonsiliasi untuk memenuhi kuota yang tidak terisi di masing-masing jalur atau kelompok. Kuota SMA diambil dari jalur zonasi, sementara untuk SMK diambil dari jalur prestasi.

“Pengumuman hasil seleksi PPDB Jenjang SMA dan SMK Negeri Provinsi Riau Tahun 2024 akan dilakukan pada tanggal 1 Juli 2024 pukul 15.00 WIB melalui website PPDB Online Jenjang SMA dan SMK Provinsi Riau http://ppdb.riau.go.id,” ujar Roni.

KPU KEPRI

Roni juga menambahkan bahwa pendaftaran ulang bagi calon peserta didik yang dinyatakan lulus akan dilakukan mulai 2 Juli hingga 5 Juli 2024.

Calon peserta didik baru yang lulus harus membawa dokumen asli persyaratan yang telah diunggah di sistem PPDB Online untuk diverifikasi dan divalidasi oleh Panitia PPDB Online tingkat satuan pendidikan.

“Alhamdulillah, secara keseluruhan Kegiatan PPDB Online Jenjang SMA dan SMK Negeri Provinsi Riau berjalan dengan baik dan lancar,” ungkap Roni.

Roni juga menginformasikan bahwa bagi calon peserta didik yang tidak lulus di sekolah negeri, Pemerintah Provinsi Riau telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan Bosda Afirmasi kepada siswa kurang mampu untuk masuk ke SMA dan SMK Swasta yang telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Program ini dibiayai hingga tamat melalui APBD Provinsi Riau dengan kuota sebanyak 2000 orang untuk Kota Pekanbaru dan 500 orang yang dibagi untuk Kota Dumai, Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, dan Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.

Ketua Komisi V DPRD Riau, Robin P Hutagalung, menyatakan bahwa mereka telah menandatangani pakta integritas sesuai surat edaran (SE) KPK RI untuk memastikan pelaksanaan PPDB berjalan sesuai aturan tanpa adanya titipan dari anggota DPRD.

“Kita sudah rapat bersama untuk itu, supaya mereka tidak ragu-ragu dan mereka juga sudah kita sampaikan tidak akan ada titipan apapun, terutama dari anggota DPRD. Jika ada titipan dari DPRD, segera beritahu kepada Komisi V,” tegas Robin. (kur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO