Bea Cukai Karimun Musnahkan Daging, Rokok dan Barang Ilegal Senilai Rp 4 Miliar

Bea Cukai Karimun Musnahkan Daging, Rokok dan Barang Ilegal Senilai Rp 4 Miliar
Kanwil DJBC Khusus Kepri bersama KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun, kembali memusnahkan barang bukti dengan cara dibakar.(Foto: Aman)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau, memusnahkan 6,18 ton daging beku, di Kanwil DJBC Khusus Kepri, Selasa 9 Juli 2024. Bea Cukai Karimun

Pemusnahan beberapa jenis barang bukti hasil penindakan tersebut tidak hanya daging saja, akan tetapi diantaranya berupa 60 koli barang bekas dan 995.548 batang rokok ilegal.

Seluruh barang bukti dimusnahkan dengan cara dibakar, dengan mengundang stakeholder terkait lainnya.

KPU KEPRI

Kepala KPPBC TMP B, Tanjungbalai Karimun, Jerry Kurniawan menyebut, barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil penegahan Kanwil DJBC Khusus Kepri beserta Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya B Tanjungbalai Karimun periode 2023-2024.

“Dalam fungsi community protector, Bea Cukai berperan melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal dan berbahaya melalui kegiatan pengawasan dan pemberantasan barang ilegal,” terang Jerry.

Upaya tersebut kata Jerry dilakukan Bea Cukai Karimun di beberapa wilayah Kepulauan Riau dengan turut menggandeng aparat penegak hukum (APH) lainnya.

“Bea Cukai bersinergitas bersama instansi terkait lainnya, berkomitmen membangun sinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, terutama terkait pengamanan potensi penerimaan negara, di bidang kepabeanan dan cukai,” paparnya.

Kepala KPPBC TMP B, Tanjungbalai Karimun, Jerry Kurniawan.(Foto: Aman)

Jerry menambahkan, untuk Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau sendiri, selama kurun waktu setahun ini, berhasil menegah 7.862 bag bawang merah dan 1.954 bag bawang bombai.

“Untuk nilai barang yang dimusnahkan Rp 4 miliar, dengan kerugian negara mencapai Rp 1 miliar lebih,” beber Jerry.

Masih kata Jerry, barang bukti yang telah dimusnahkan tersebut berasal dari 139 penegahan KPPBC Tanjungbalai Karimun dan 2 penegahan Kanwil DJBC Kepri.

“Selama setahun terakhir ini, Kanwil DJBC Khusus Kepri bersama KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun sudah melakukan penegahan sebanyak 141 kali,” tandasnya.(Aman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO