Penerimaan BC Kepri Minim Akibat Tingginya Aksi Penyelundupan

PKP Online

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Kantor Wilayah Dirketorat Jenderal Bea Cukai(DJBC) Khusus Kepri dan KPU Bea dan Cukai Batam serta Polda Kepri memusnahkan barang seludupan, hasil tangkap bersama selama 2015-2016. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan dihancurkan menggunakan mesin giling.

Adapun, barang yang dimusnahkan seperti bawang 4.770 Kg, makanan kemasan sarden 600 kaleng, minuman beralkohol berbagai merk 965 botol, 14.352 kaleng. Untuk yang dibakar seperti rokok tanpa cukai berbagai merk 1.794.480 batang yang telah merugikan negara Rp.679.524.500.

Pembakaran dilakukan bersama Kapolda Kepri, Kepala Kanwil DJBC khusus kepri, Kepala BC Batam, Wakil Bupati Lingga, Pemkab Karimun, Kepala Bapedal Batam, Kejati Kepri, Kejari Batam, Karantina, serta tamu undangan lainnya.

Kepala Kantor BC Batam Nugroho Wahyu dalam pemusnahan tersebut mengatakan, selain barang-barang yang dimusnahkan ini, ada beberapa barang tangkapan yang tidak dimusnahkan.

” Kalau beras tidak kita musnahkan. Beras-beras hasil tangkapan itu, akan kita hibahkan ke Kabupaten Tanjungbalai karimun dan ke Kabupaten lingga,” sebut Nugroho menerangkan.

Barang-barang yang dimusnahkan ini sudah disetujui dan sesuai dengan ketentuan dari kementrian Lingkungan Hidup. Asalkan nantinya dalam pemusnahan tidak mencemari lingkungan.

Kepala Kanwil DJBC khusus Kepri Parjiya mengatakan, bersama kepolisian akan melakukan peningkatan pengawasan agar bisa berdampak pada peningkatan pemasukan ke kas negara.

“Pemasukan kas negara saat ini minim sehingga diperlukan pengawasan setiap barang masuk agar membayar pajak,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian mengatakan, sinergi yang dilakukan saat ini merupakan suatu yang baik sehingga dapat mencegah masuknya barang secara ilegal, termasuk narkoba.(ded/r)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel