Calon Haji Daftar Berangkat 2016, Dihimbau Lunasi Biaya Perjalanan

198
Warta Kepr Keberangkatan_Jamaah_Haji_Kepri

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) dari embarkasi Hang Nadim Batam kini lebih murah dari biaya haji rata-rata nasional. Tahun ini Kementerian Agama RI menetapkan BPIH embarkasi Batam sebesar Rp 32.113.606, sementara rata-rata nasional mencapai Rp 34 juta.

Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Alikek mengatakan BPIH dari Batam lebih murah karena zona perjalanannya lebih dekat.

“ Embarkasi Batam juga tidak menggunakan maskapai penerbangan Garuda tapi Saudi Arabian Airlines,” kata Alikek.

Menurutnya Kantor Kemenag Kepri juga sudah mengeluarkan daftar calon haji yang berhak berangkat tahun ini. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 21 tahun 2016 maka seluruh calon haji yang berhak berangkat sudah mulai dapat melunasi biaya perjalanan ibadah haji.

Oleh karena itu kepada calon Jemaah haji Kepri yang sudah berhak untuk berangkat diharapkan segera melunasi biaya perjalanan hajinya.

“ Pelunasan dibuka dalam dua tahap. Tahap pertama 19 Mei-10 Juni 2016, tahap ke dua pada 20-30 Juni 2016,” ujarnya.

Tahap pertama diprioritaskan kepada jemaah yang sudah masuk kuota berangkat tahun ini dan belum berhaji atau jemaah yang lunas tunda tahun sebelumnya, dan jemaah usia 18 tahun yang pernah menikah.

Sedangkan pelunasan tahap kedua untuk jamaah gagal sistem karena aplikasi di bank atau siskohat, jamaah cadangan, dan penggabungan suami istri jika tahap pertama masih ada kuota, termasuk Jemaah lanjut usia.(mcb/tika)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel