Pak Lurah Baloi Ajak Warga Untuk Menanan Aneka Tanam Obat





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pemanfaatan lahan kosong yang berada di pekarangan rumah atau kantor sangat baik untuk membuat Tanaman Obat Keluarga (Toga). Seperti halnya di kantor Kelurahan Taman Baloi Kecamatan Batam Kota.

Di sisi kanan gedung, terdapat lahan dengan luas sekitar 4 meter x 6 meter dimanfaatkan PKK bersama masyarakat menanam beragam tumbuhan jenis obat. Tanaman yang ada langsung ke tanah dan diatasnya ditutup menggunakan waring.

Dwiki Septiawan, Lurah Taman Baloi menuturkan, lahan sempit yang ada ini diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat untuk mencari obat-obat herbal langsung dari tanaman.

“Yang membuat dari PKK Taman Baloi, masyarakat dan pegawai kelurahan. Insha Allah, setelah lebaran ini sudah besar semua. Karena ini baru ditanam,”ujar Dwiki, ditemui di kantornya, Jumat (27/5/2016).

Di lahan itu sedikitnya terdapat 20 jenis tanaman obat-obat yang sangat berkhasiat bagi kesehatan, seperti pohon cuplikan, sambiloto, sirih merah, serai, bawang dayak, seribu duri, mint, delima merah, klengkeng, sup dan masih banyak yang lainya.

Dwiki berharap, masyarakat juga dapat melakukan hal yang sama. Bila memang tidak ada lahan bisa dilakukan di pot. Jika diperlukan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan secara tradisional (obat) langsung didapatkan.

“ Kalau mau sharing atau mencari bibit bisa kita bantu, apalagi kalau tanaman disini sudah ada bibit barunya,” katanya. (mcb/lim)

 



PKP DREAMLAND

FANINDO

DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA