15 Unit Bus Trans Batam Mulai Beroperasi, 45 Unit Lagi Menyusul



WARTAKEPRI.co.id, BATAM РPemerintah Kota Batam kedatangan bus Trans Batam yang baru. Sebanyak 15 unit bus berukuran besar berkapasitas mencapai 80 orang muatan, dimana di dalamnya terdapat fasilitas tempat duduk untuk 30 orang, dan yang berdiri 50 orang, telah siap dioperasikan.

Sebelum kendaraan besar yang berwarna biru terang ini dioperasikan, Walikota Batam, Muhammad Rudi terlebih dahulu melakukan uji coba satu putaran yang dilakukan dalam lingkungan kantor Dinas Perhubungan Kota Batam, pada Rabu (1/6/2016).

Walikota menguji kelayakan daripada kendaraan tersebut dengan cara mengendarainya. Selain mengecek kenyamanan di dalam bus, Rudi juga melihat kondisi bus secara umum.

Honda Capella

“Sembari mengetok-ngetokkan tangannya ke badan bus, Rudi berkata, berkarat nggak ni,” candanya.

Dikatakan Rudi, untuk tahun ini, Kota Batam mendapat hibah sebanyak 60 unit bus dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perhubungan. Namun, saat ini baru 15 unit bus yang baru saja datang, dan akan menyusul 45 unit lagi.

Penambahan ini, sebut Rudi, merupakan wujud daripada janji pemerintah untuk memberikan pelayanan transportasi yang nyaman bagi masyarakat.

“Kehadiran bus di Batam, bukan saja untuk membantu buruh. Akan tetapi, juga termasuk untuk anak sekolah dan masyarakat umum. Semua akan bisa menikmatinya hingga seluruh Batam, bahkan akan sampai ke Galang sana”, terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Zulhendri turut menjelaskan bahwa saat ini telah terdapat sebanyak 72 bus Trans Batam yang melayani lima koridor. Untuk tahun 2017 atau 2018 nanti, pemerintah menargetkan 110 bus yang akan melayani 11 koridor.

“Bus yang berkapasitas besar, akan digunakan untuk melayani jalur Sekupang-Batam Centre dan Batuaji-Batam Centre. Itu dilakukan karena melihat dari trayeknya yang lurus dan radius putar yang aman pula”, pungkasnya.(ichsan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News