Kadishub-LH Anambas Akan Undang Pemilik Antar Moda Rute Tarempa-Letung, Terkait Jadwal Kapal dan Tarifnya – WartaKepri
372 views

Kadishub-LH Anambas Akan Undang Pemilik Antar Moda Rute Tarempa-Letung, Terkait Jadwal Kapal dan Tarifnya

WartaKepri - Ekodesi Kepala Dishub-LH

WartaKepri - Ekodesi Kepala Dishub-LH

PKP DREAMLAND

Wartakepri.co.id, Anambas – Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub-LH) Kabupaten Kepulauan Anambas akan mewacanakan kembali untuk melakukan rembuk terkait jadwal keberangkatan kapal antar moda transportasi laut yang melayani rute Tarempa Letung.

Pasalnya kapal Ferry yang beroperasi dari Tarempa ke Letung yang dulunya hanya satu, kini sudah menjadi dua kapal dengan jadwal yang sama. Hal tersebut tentulah sangat perlu di atur rute keberangkatannya, mengingat jumlah penumpang tujuan Tarempa Letung dan Letung Tarempa sangatlah sedikit.

Ekodesi Kepala Dishub-LH mengatakan, saat ini pihaknya sudah coba untuk mengatur jadwal keberangkatan kapal, terkait hal tersebut dirinya juga sudah mengundang kembali pemilik kapal. Namun untuk membahas hal tersebut salah satu pemilik kapal tidak hadir.

“Jadi untuk itu kita meminta bantuan kepada pihak Syahbandar untuk mengaturnya, misalnya, Kapal yang penuh dulu dia yang berangkat, tapi wacana nya akan kita dudukkan kembali. Ucapnya, Selasa(31/3/2020).

Disini pihak Dishub hanya bisa memfasilitasi, memotivasi dan memberi regulasi kepada pelaku usaha transportasi. Pemerintah tidak bisa menjadi sebagai operator, namun pemerintah bisa bertindak sebagai operator di saat memberikan Motivasi, informasi, dan edukasi kepada pelaku usaha.

“Ingat peran pemerintah hanya memotivasi saja, rencana awal bulan April kita mau dudukkan kembali, dan pihaknya juga mau berkoordinasi dengan Syahbandar,” sebutnya.

Selain itu saya sudah hubungi Provinsi terkait penetapan tarif, nantinya mekanisme penetapan tarif pihak Dishub akan meminta tenaga dari  independen yaitu tenaga konsultan untuk mengkaji hal tersebut.

“Tarif  itu kita hitung dengan mil jarak yang ditempuh, nanti jarak mil ini yang akan kita dudukkan dengan operator. Sehingga kita bisa sama sama menentukan tarif yang akan ditetapkan oleh pemerintah,” bebernya.

Seluruh angkutan darat dan laut akan dikumpulkan kembali untuk membahas hal ini, saat ini tarif angkutan darat maupun angkutan laut  masih ilegal di Anambas. Tapi kalau sudah dapat SK Bupati baru lah pihaknya legalkan, nanti pihaknya akan menentukan tarif resmi untuk transportasi darat,  laut dan keseluruhan transortasi yang ada di Anambas.

“Regulasi nya belum ada, kerangka sudah kita bikin, tinggal minta konsultan untuk menghitungnya, wacana kita akan datangkan konsultan dari Tanjungpinang,” tuturnya ditambahkannya lagi,”Selain itu juga saya sudah minta kepada pelaku usaha yang ada di Letung untuk segera membentuk organda, yang mana nantinya Organda ini yang akan menaungi, seluruh transortasi yang ada di Anambas”.

Kemudian Dishub-LH akan sediakan angkutan alternatif jika yang swasta ini mogok. Ini mengantisipasi apabila kebijakan ini tidak bisa diterima oleh pihak swasta ataupun pelaku usaha. (Rama)

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA