Merasa Dipermainkan Pencuri, Jaksa Tuntut Resedivis 5 Tahun Penjara

304
WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Dodi Irwandi, terdakwa pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) tidak pernah jera sekali pun sudah empat kali masuk penjara. Keganasan terdakwa pada korbannya membuat Jaksa penuntut umum ( JPU) geram dan menuntut hukumannya lebih tinggi.

Curas sudah menjadi berprofesi terdakwa Dodi Irwandi, yang tidak dapat ditinggalkannya. Keluar masuk penjara menjadi langganan hidupnya. Inilah hukuman yang kelima kalinya kembali masuk penjara.

Sebelumnya, Empat kali pencurian dan masuk penjara telah dilewatinya. Saat pencurian pertama, ia dipidanakan selama empat bulan penjara. Kedua dihukum lima bulan penjara, ketiga dipenjara 2,5 tahun dan hukuman keempat 1,5 tahun. Kata Jaksa, Nani Herawati, Selasa (13/9/2016) dalam bacaan tuntutanya.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur pidana dalam pasal 365 ayat (1) KUHP tentang, pencurian yang didahului, disertai atau diikuti dengan kekerasan terhadap orang, dengan maksud akan menyiapkan atau memudahkan pencurian itu,” ujar Nani Herawati

“Atas perbuatan terdakwa yang telah dilakukan berulang-ulang, maka terdakwa dituntut pidana penjara selama lima tahun, ” tegas Jaksa Nani SH.

Hakim Ketua Zulkifli SH mengatakan, terdakwa tidak jera melakukan perbuatan yang melanggar hukum tersebut.
“Kalau diringankan, nanti kamu ulangi lagi. Harusnya lebih tinggi lagi hukumannya,” pinta Zulkifli.

Dalam perkara persidangan yang dijalani terdakwa saat ini, terdakwa terbukti telah mencuri tas milik seorang wanita yang sedang mengendarai motor di jalan raya depan Dam Mukakuning (23/5) lalu.

Korban yang telah diintai terdakwa diatas sebuah mobil rental Toyota Avanza, dengan sigap menarik paksa tas dari sandangan tangan kiri korban, hingga tali tas terputus dan dilarikan terdakwa.

Terdakwa berhasil mendapatkan satu hp Samsung Galaxy A5, satu hp Assus Z phone 5, serta uang tunai Rp 950 ribu. Terdakwa sempat menjual kedua hp tersebut ke counter hp milik rekannya, dan uang yang didapatkan habis terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Tertangkap nya petualangan terdakwa setelah korbannya sempat mencatat nomor polisi mobil yang digunakan. ‎Sehingga pihak kepolisian dapat melacak keberadaan terdakwa hingga tertangkap.. Sidang akan dilaksanakan pekan depan (20/9).(Nikson simanjuntak )
DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel