Inilah Daftar Menu ” Mie ” Khas Kepri yang Dijamin Anda Ketagihan

273
mie-lendir-mmasakandapurku-dot-com

WARTAKEPRI.co.id – Setiap daerah dan kota di Indonesia memiliki menu khas yang mencirikan khas daerahnya. Begitu juga di Provinsi Kepri, ternyata selain anek sea food yang dikenal enak serta murah, menu yang paling banyak dinikmati dan dimakan adalah aneka menu mie.

Ciri khas mie tidak lepas dari keragaman budaya dan etnis di Kota Batam, yang menyajikan mie mulai dari mie halal hingga mie yang tidak halal. Berikut aneka kuliner Mie yang dikutip Kompasiana dari tuliasan Shilohlumaris. Kalau versi WartaKepri, rekomendasi untuk Anda coba menu Mie nomor 2. Enak bro..

1. Mie Lendir

Mie kuah kacang adalah makanan khas Kepri yang konon berasal dari Tanjung Pinang. Mie ini lebih dikenal dengan nama mie lendir karena disajikan dengan kuah kacang yang pekat, dengan potongan telur rebus, tauge dan juga daun bawang. Ketika dicicipi rasanya manis gurih dan agak pekat. Mie lendir dapat kita nikmati di Kopitiam Sido Mampir Nagoya, Kopitiam Pasar Penuin dan kopitiam yang lain.
2. Mie Tarempa

Mie Goreng Kering di RM Tarempa Batam
Mie Goreng Kering di RM Tarempa Batam

Mie Tarempa juga makanan khas Kepri berasal dari Tarempa daerah kepulauan Anambas di laut China selatan Kepulauan Riau. Mie Tarempa adalah mie yang disajikan dengan saus yang terdiri dari berbagai rempah dengan warna kuning penuh cita rasa dan agak manis. Mie ini sajikan dalam tiga jenis yaitu mie Tarempa basah, mie Tarempa kering, dan mie Tarempa kuah. Yang menjadi ciri khas mie Tarempa adalah dagingnya memakai ikan tuna. Mie Tarempa dapat kita temui di Rumah Makan Tarempa di Batam Centre, Sungai Panas, dan Nagoya Citywalk.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

 

 
3. Mie Aceh

mie-acehre-busMie Aceh disajikan dalam dua olahan yaitu mie rebus dan mie Aceh goreng. Mie rebus disajikan dengan kuah berwarna merah kekuningan yang tidak begitu banyak. Rasa rempah dan pedas pada kuahnya sangat dominan. Sedangkan mie Aceh goreng rasanya juga sama pedasnya tetapi tidak memakai kuah. Mie Aceh di Batam ini dapat kita nikmati di Warung Aceh 99 di Simpang Koin Sei Panas dekat dengan Ace Hardware. Biasanya mereka buka sore hari, mulai pukul 17:30 hingga 03:00 dini hari.

 

 
4. Mie Ayam

Mie ayam adalah sejenis mie ayam biasa yang banyak dijual orang di berbagai tempat, yaitu mie yang direndam air panas kemudian disajikan dalam mangkuk dengan saus daging ayam dipotong kecil yang dimasak seperti semur yang kecoklatan. Tapi mie ayam Palembang ini bukan mie ayam biasa, karena memiliki keistimewaannya pada kuahnya dan olahan daging ayamnya. Rasa kuahnya sangat enak dan segar. Mie Ayam ini dapat kita nikmati di Citra Pempek Anggrek Mas, Nagoya Citywalk, Nagoya Hill Mall, BCS Mall dan Harbour Front.
5. Mie Jawa

Mie Jawa Jogoboyo adalah mie Jawa yang berasal dari Gunung Kidul. Ada dua macam olahan yaitu mie rebus dan mie goreng. Yang enak dari Mie Jogoboyo adalah mie rebusnya karena dimasak memakai daging ayam kampung dan juga kuahnya yang segar karena irisan buah tomat dan gurih karena dicampur telur ayam. Mie Jogoboyo ini mempunyai keunikan yaitu cara memasak yang menggunakan jarang sehingga masakan matang secara perlahan. Bakmi Jawa Jogoboyo bisa dinikmati di gerainya di Jalan Laksamana Bintan Komplek Ruko Inti Batam.
6. Mie Pangsit

hot-pot-noodle-babiMie pangsit adalah mie yang diolah dengan cara dimasukan kedalam air panas kemudian diletakan pada mangkuk. Mangkok tersebut sudah diisi dengan saus yang sudah disiapkan dan diatasnya diberi toping irisan jamur shitake, dan potongan daging babi masak merah (char siu). Kuahnya berisi bakso ikan, bakso daging babi, jamur kuping dan pangsit basah yang berisi cacahan daging babi.

Mie Pangsit seperti ini banyak dijumpai karena di Batam dan Kepulauan Riau karena banyak warga Suku Tionghoa. Anda bisa menemuinya di kopitiam di Pasar Penuin, Pasar Mitra Raya, dan Indorasa Nagoya. Mie pangsit yang enak ada di kopitiam Ciang Hau Mitra Raya yaitu tepatnya di Kedai Ahui. Kedai Ahui di Pasar Mitra Raya juga menyediakan wantan mie dan mie pok.

Wantan mie itu seperti mie pangsit tapi mienya lebih kecil daripada mie pangsit. Di atasnya diberi potongan daging babi merah, ada potongan sawi hijau, dan ada kuahnya yang berisi pangsit basah isinya cacahan daging babi. Variasi lainnya adalah mie pok yaitu seperti mie pangsit tapi mienya lebih lebar hampir seperti kwetiau. (kompasiana/ded)
Selengkapnya :

https://www.kompasiana.com/shilohlumaris/batam-surganya-wisata-kuliner-mie_57f06bbe517a61d6058b4567

Foto-foto :Masakan Dapur .com/ koleksi pribadi Shilohlumaris /wartakepri

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020 versi WartaKepri.co.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO