Turunkan 1.000 Personil, Eksekusi Lahan di Bengkong Sadai Aman Terkendali

HARRIS BARELANG
WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Setelah perjalanan panjang dan krikil krikil tajam dilalui, akhirnya Pengadilan Negeri Batam selaku eksekutor sukses mengeksekusi lahan Bengkong Sadai hingga rata, Rabu (1/3/2017) pagi.

Eksekusi lahan tersebut tidak terlepas dari kekompakan tim pengamanan dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP Kota Batam, yang berjumlah 1.000 pasukan. Perlawanan tidak ada karena warga yang tinggal dilokasi sudah sangat memahami hukum. Kata Sri Bonowo SH, Kepala Panitera dan sekaligus ketua tim eksekutor.

Lahan seluas 40,820 meter milik PT Kencana Maju Raya ( KMR) di Bengkong Swadaya Bengkong Sadai Batam Kepulauan Riau. Lahan yang ditempati beberapa warga sempat gagal pada eksekusi pertama karena ada perlawanan. Dalam kejadian tersebut menangkap 3 orang diduga sebagai propokator untuk pembakaran beberapa unit rumah yang ada disekitar lokasi.

Dalam aturan hal eksekusi, polisi hanya mengamankan petugas eksekusi Pengadilan Negeri dari ancaman orang yang mau menggagalkan, karena yang akan melakukan eksekusi itu adalah PN.  Hal eksekusi riil ini dalam pasal 1033 RV antara lain:
1.Apabila pihak yang kalah tidak mau menjalankan putusan secara sukarela maka Ketua PN mengeluarkan surat perintah pengosongan.

2. Perintah untuk menjalankan eksekusi ditunjuk pada juru sita.

3. Tindakan pengosongan meliputi diri si terhukum, keluarganya dan barang barangnya.

4. Eksekusi dapat dilakukan dengan bantuan kekuatan umum (Polisi dan Militer). ( nikson simanjuntak )

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG