Empat Pilar, Sosialisasi Uji Coba E Tilang Di Batam

GALERI 24

Wartakepri.co.id, Batam – Kebijakan Presiden RI Ir. Joko Widodo supaya dilakukan perubahan dalam pelayanan diberbagai instansi, termasuk Kepolisian guna memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat pada sentra pelayanan SIM, STNK, BPKB dan tilang. Sehingga peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat berbasis teknologi dan informasi.

Sesuai program Kapolri, Koorlantas Polri membuat suatu system tentang Penyempurnaan tilang yaitu dengan membentuk aplikasi tilang berbasis elektronik ( E-tilang ), bekerjasama dengan Kejagung, Mahkamah Agung membuat suatu system yaitu tilang online (E-tilang). Sosialisasi E – Tilang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Batam dan Kejaksaan Negeri Batam, Jumat (7/3/2017) pagi.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Batam, R Adi Wibowo SH, program sosialisasi uji coba E – Tilang ini dilaksanakan untuk menghindari kerawanan saat pembayaran tilang. Dengan adanya program tersebut, kami sangat mendukung agar program secepatnya berjalan dengan baik sehingga kerawanan terhindar.

“Sistem ini masih uji coba dan pada setiap empat pilar yaitu : Koorlantas Mabes Polri, Mahkamah Agung, Kejagung dan BRI akan diberikan kode pembayaran,”kata Kajari Batam, Adi SH.

Dalam sosialisasi tersebut para peserta diminta untuk mengirimkan data pendukung ke Koorlantas untuk dimasukkan ke Aplikasi E-tilang yaitu data nama petugas Koorlantas dan data table denda tilang karena untuk diberlakunya pelaksanaan/penerapan aplikasi E-tilang diwilayah Kepulauan Riau.

Pelaksanaan E-tilang di wilayah Kepri khususnya Batam belum berlaku karena menunggu penyempurnaan aplikasi E-tilang dari Koorlantas Polri.Hadir di acara sosialisasi tersebut AKBP Febi dari Mabes Polri, Sri dari Kejagung, Wakil Ketua PN Batam, DR.Agus Rusdianto SH.MH dan Kepala Kejaksaan Negeri Batam, R Adi Wibowo SH dan perwakilan dari BRI.

( Nikson Simanjuntak )

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News