Saran.. Jangan Paksakan Pagi Jika Ingin Libur Lebaran Naik RoRo di Punggur

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Lalu lintas penumpang dan kendaraan dalam empat hari terakhir terlihat sama, yaitu antrian kendaraan yang akan menyeberang dari Pelabuhan Ro Ro Telaga Punggur Batam terlihat mulai pukul 05.00 WIB pagi. Kondisi ini terjadi mulai Jumat (23/6/2017) hingga Selasa (27/6/2017) sore.
 
” Sejak Jumat lalu, penumpang mudik atau menyeberang mulai antri pukul 5 subuh, dan dua hari lebaran juga terjadi. Ramainya, Selasa pagi, dimana orang menyeberang untuk ke Pulau Bintan ramai pagi pagi. Padahal, loket pembelian tiket buka pukul 07.00 pagi,” jelas beberapa petugas Pelabuhan di RoRo Telaga Punggur, Selasa (27/6/2017) malam
 
Dijelas petugas tersebut, penumpang RoRo didominasi ‎kendaraan dari Batam liburan ke Bintan, dan ini terlihat setiap kendaraan pribadi yang berangkat diisi dengan penumpang rombongan keluarga. Sedangkan kendaraan rodak dua, cenderung kebanyakan pasangan muda mudi. 
 
Ketika ditanya, kapan jadwal agak longgar atau tidak banyak antrian, petugas pelabuhan itu menjelaskan kalau berangkat pagi kapal pertama  memang antri, tapi kalau selepas siang kepadatan berkurang. 
 
” Pelayaran RoRo terakhir dari Batam pukul 21.30 malam. Bahkan, pelayaran kapal terakhir kayaknya akan sepi penumpang. Jadi kalau mau menyeberang dengan waktu santai, mungkin menyeberang pada malam hari,” jelas petugas Pelabuhan memperkirakan, kondisi hari keempat Libur Lebaran akan tidak jauh berbeda.
 
‎Sementara itu, pengalaman Iban, seorang warga Batam yang berlibur ke Bintan, dan mencoba antri pagi, baru dapat naik kapal sekitar kapal pukul 11.00 WIB siang. 
” Coba datang pagi ke Punggur, dan kenyataan semua orang juga datang pagi ke Punggur, terjebak saja, mendingan berangkat agak siang akan sampai sebelum sore,” saran Iban.(*)
Teks Foto : Suasana pelabuhan RoRo pada Selasa (27/6/2017)  malam pukul 21.00 WIB. Sepi untuk penyeberangan kapal terakhir tidak ada antrian penumpang.
 
Editor : Dedy SWD

FANINDO

Honda Capella