Dishub Riau Lakukan Pemeriksaan Kelayakan Angkutan Mudik Lebaran 2023

Dishub Riau Lakukan Pemeriksaan Kelayakan Angkutan Mudik Lebaran 2023


RIAU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau mulai melakukan ramp check atau pemeriksaan kelayakan angkutan mudik Lebaran tahun 2023.

Pemeriksaan kelengkapan keselamatan kendaraan angkutan mudik lebaran ini dilakukan untuk memastikan kondisi angkutan mudik lebaran layak beroperasi, sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas atau lakalantas.

Pada saat dilakukan ramp check, kendaraan akan diperiksa satu persatu kelengkapan keselamatannya. Mulai dari kelengkapan teknis sampai kelengkapan secara administrasi. 

“Ramp check atau pemeriksaan kelayakan angkutan mudik Lebaran tahun 2023 sudah mulai kita lakukan kemarin (Rabu),” kata Kepala Dishub Provinsi Riau, Andi Yanto, Kamis (6/4/2023).

Andi Yanto mengatakan, pemeriksaan angkutan mudik lebaran tersebut menindaklanjuti surat edaran dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI untuk melakukan ramp check.

“Ramp check angkutan mudik lebaran ini akan berlangsung sampai pekan depan. Kita yang mendatangi perusahaan angkutan ke kabupaten kota,” ujarnya. 

Andi Yanto menyampaikan, domisili perusahaan angkutan umum di Provinsi Riau terdapat lima, diantaranya Pekanbaru, Dumai, Kampar, Rokan Hilir, dan Siak.

“Jadi kita yang mendatangi. Kalau di Pekanbaru kita langsung ke terminal, sedangkan kabupaten kota lainnya kita datang ke kantor perusahaannya,” terangnya.

Lebih lanjut Andi Yanto mengatakan, pemeriksaan angkutan ini merupakan inspeksi kelayakan jalan keselamatan kendaraan.

“Ramp check ini kegiatan rutin berkala, namun kali ini kita lakukan untuk mendukung angkutan mudik Lebaran,” sebutnya. 

Andi Yanto menjelaskan, ada beberapa komponen kelayakan yang akan dicek petugas saat ram check. Mulai dari kondisi ban, lampu, sein, kepakamam rem, racun api hingga kotak P3K serta kelengkapan surat – surat kendaraan. 

“Kalau ada yang tidak lengkap, maka kendaraan tersebut tidak kita izinkan untuk beroperasi, harus dilengkapi dulu,  baru mereka bisa beroperasi,” tegas Andi Yanto.

“Jadi pemeriksaan dilaksanakan bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran. Setelah dilaksanakan ramp check, dilaksanakan juga imbauan tertib berlalu lintas,” tukasnya. (Mediacenter Riau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News