Inilah 10 Buah yang Baik untuk Program Diet, Buah Nomor 10 Banyak Khasiatnya





WARTAKEPRI.co.id – Siapapun pasti sudah tahu kalau kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang 4 sehat 5 sempurna sehari-hari, seperti karbohirat dari daging, protein dari telur, serta vitamin dan mineral dari buah-buahan.

Selain karena vitamin dan mineral, tubuh kita membutuhkan asupan buah mengingat tingginya kandungan air dan serat di dalamnya yang baik untuk mencegah dehidrasi, memperbaiki sel dan jaringan kulit, serta tentunya membantu menurunkan berat badan.

Nah, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, berikut ini adalah 10 jenis buah yang yang baik untuk dikonsumsi:

1. Belimbing
Karena kandungan airnya yang tinggi, buah berbentuk bintang ini sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet. Buah yang kaya akan antioksidan ini juga memiliki manfaat lain untuk tubuh, seperti melancarkan pencernaan dan mengatasi tekanan darah tinggi.

2. Semangka
Seperti halnya belimbing, semangka seringkali disarankan bagi mereka yang sedang berdiet. Terdapat berbagai cara untuk mengonsumsi buah ini, seperti dimakan langsung, diblender, maupun ditaburi sejumput garam untuk mendapatkan sensasi menyegarkan.

3. Pepaya
Buah yang mendapat julukan “buah rakyat” ini ternyata memiliki kandungan air setara dengan semangka. Dijuluki buah rakyat karena harganya yang murah sehingga mudah dijumpai di mana saja. Serat pada buah pepaya sangat baik untuk pencernaan.

4. Timun
Selain banyak digunakan sebagai lalapan, salah satu buah dengan kandungan kadar air paling tinggi ini juga bisa dikonsumsi diblender dengan jus maupun dijadikan masker wajah. Kabar baiknya, produksi timun di Indonesia sangat melimpah, sehingga Anda bisa mendapatkan buah ini dengan mudah dan murah.

5. Strawberry
Walaupun memiliki rasa yang cenderung masam, buah kecil yang berwarna merah ini memiliki kandungan air yang tinggi, lho. Kandungan vitamin C pada buah strawberry sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, mengobati sariawan, hingga menjaga kadar gula darah.

6. Melon
Siapa yang tidak suka melon? Selain kandungan airnya yang tinggi, buah yang cocok dihidangkan dengan berbagai cara ini juga memiliki segudang manfaat, seperti membantu menurunkan berat badan, mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, serta menangkal radikal bebas.

7. Jeruk
Jeruk termasuk jenis buah yang paling mudah ditemui. Anda tentu sudah tahu manfaat mengonsumsi jeruk, seperti untuk meredakan sariawan, menurunkan risiko stroke, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan jantung. Jenis jeruk lainnya seperti jeruk nipis juga baik dikonsumsi bagi kesehatan. Siapa sangka salah satu manfaat jeruk nipis baik bagi Anda yang menjalankan program diet? Caranya, minum air hangat yang dicampur 2 butir jeruk nipis setiap pagi hari ampuh untuk melunturkan lemak, lho!

8. Nanas
Buah berisisik yang rasanya agak masam ini ternyata dapat memperkuat sistem imun tubuh, menjaga kesehatan tulang, dan meredakan peradangan. Sebaiknya jangan mengonsumsi nanas secara berlebihan, karena dapat mempengaruhi sistem pencernaan Anda, ya.

9. Persik
Buah lezat yang memiliki kandungan air tinggi ini, sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat melelembabkan kulit, menyehatkan kulit kepala, menangkal radikal bebas, serta membersihkan ginjal dan kantong kemih.

10. Raspberry
Buah yang kaya akan vitamin K ini berguna untuk mencegah pendarahan, menjaga berat badan, dan mengontrol gula darah. Jadi, jangan segan-segan untuk memasukkan raspberry ke dalam daftar makanan sehari-hari Anda, ya!

Sudahkah ada salah satu buah di atas yang sudah Anda konsumsi sehari-hari? Jika belum, yuk mulai dari sekarang demi tubuh yang sehat juga ramping!(*)

Sumber : www.go-dok.com

Buah https://www.go-dok.com/tag/buah/
Manfaat jeruk nipis https://www.go-dok.com/10- manfaat-jeruk- nipis-untuk- kesehatan/



PKP DREAMLAND

DEWAN PERS WARTAKEPRI