Bupati Abdul Haris Melepas 13 Siswa Dikuliahkan di Perguruan Tinggi Indonesia





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Pemerintah diwajibkan untuk mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional bagi seluruh warga negara Indonesia. Sistem pendidikan nasional dimaksud harus mampu menjamin pemerataan kesempatan dan peningkatan mutu pendidikan, terutama bagi anak-anak, generasi penerus keberlangsungan dan kejayaan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah melalui berbagai paket program pendidikan sebagai impelementasi penggunaan anggaran pendidikan 20% dari APBN, utamanya di daerah-daerah tertinggal masih sangat minim dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas,  Abdul Haris, melepas sebanyak 13 siswa untuk dikuliahkan disejumlah Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Indonesia, Senin (13/8) lalu. Langkah yang dilakukan tersebut  untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kabupaten termuda di Provinsi Kepri itu.

“Kemarin kita melepas 13 siswa untuk mengikuti perkuliahan disejumlah Universitas, dan biayanya ditanggung oleh pemerintah hingga lulus.”Ujar Haris diruang kerjanya, Selasa (14/8/2018).

Dituturkannya, sebelum dilepas sejumlah mahasiswa  itu diberikan motivasi agar dapat bersekolah dengan maksimal. Lebih jauh Haris mengungkapkan, untuk mendapatkan beasiswa tersebut para siswa harus melewati seleksi yang dilakukan oleh masing-masing Universitas.

“Tiga orang kita kuliahkan di Fakultas Kedokteran Universitas Riau, 5 orang di bidang keagamaan di STIT Hidayatullah Kota Batam dan 5 lainnya di Bidang Pariwisata yaitu di Batam Tourism Polytechnic,” sebutnya.

pihaknya sangat berharap  siswa yang kuliah di bidang kedokteran dapat melaksanakan tugas dan fungsinya di Anambas. Hal ini karena  tidak ingin mereka yang sudah disekolahkan dengan menggunakan anggaran daerah Anambas, pengabdiannya nanti di daerah lain.

“Bagi siswa yang disekolahkan tersebut untuk kepentingan daerah dan tidak mungkin pula mereka mengajukan pindah ke tempat lain jika sudah lulus. Mereka harus mengabdi di daerah Anambas nanti,”bebernya.

Tambahnya, hari ini pihaknya sudah menugaskan beberapa dokter yang bertugas di puskesmas kecamatan dan ia sudah menandatangani Surat Keputusannya (SK). Ia juga berharap kepada seluruh kepala puskesmas agar dapat bekerja secara maksimal dalam melakukan pemantauan setiap keluhan dari masyarakat. Jika bisa ditangani di puskesmas jangan dibiasakan dilakukan rujukan.

“Kita juga sudah tanda tangan SK untuk sejumlah dokter yang bertugas di Puskesmas. Kami harapkan semua dokter yang ditugaskan dalam melaksanakan tugasnya secara maksimal,”tutupnya.

Sumber : anambaskab.go.id



PKP DREAMLAND

FANINDO

DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA