BPJS Kesehatan Anambas Sosialisasi Aturan Berobat Bagi Pemegang Kartu JKN KIS

BPJS Kesehatan Anambas Sosialisasi Aturan Berobat Bagi Pemegang Kartu JKN KIS
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – BPJS Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas gelar sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bersama Manajemen dan staf Puskesmas Letung. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Puskesmas Letung, manajemen dan staf Puskesmas Letung serta petugas dari Pustu, Selasa (30/10/2018).

Dengan pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan Puskesmas Letung sebagai tonggak pelayanan dasar atau pelayanan kesehatan Primer di Kecamatan Jemaja khususnya dapat paham terkait dengan mekanisme pelayanan kesehatan atau prosedur pelayanan JKN-KIS.

Sehingga diharapkan jika ada kendala yang sebelumnya pernah ditemui dapat diminimalisir dengan ada pemberian informasi tersebut, sehingga petugas Puskesmas paham alur prosedur pelayanan dan pasien atau peserta yang datang berobat harapan kita bersama juga dapat memperoleh informasi ataupun pelayanan kesehatan yang optimal dan prima.

Kepala BPJS Kabupaten Kepulauan Anambas Deby Mersah Putra berharap, peserta terlebih dahulu lebih aktif untuk memastikan bahwa dirinya bersama anggota keluarganya telah memiliki Kartu KIS dan aktif, sehingga saat sakit tinggal melakukan pengobatan.

Prosedur pelayanannya tidak rumit yaitu rujukan berjenjang, yang dimaksud rujukan berjenjang disini yaitu peserta dapat berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) peserta terdaftar.

Contoh Peserta terdaftar di Puskesmas Letung untuk seterusnya, jika sakit peserta tinggal berobat di Puskesmas Letung dan jika setelah dilakukan pemeriksanaan oleh Dokter di Puskesmas Letung ternyata sesuai indikasi medis butuh penanganan lebih lanjut seperti tindakan spesialistik (dokter spesialis).

Seterusnya akan diberikan rujukan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) Rumah Sakit yang dibutuhkan atau jika kondisi peserta dalam kondisi gawat darurat (emergency) dapat langsung ke Rumat Sakit (RS) tanpa melalui mekanisme rujukan.

Kalau ibarat sebuah pepatah “sedia payung sebelum hujan” , agar jangan menunggu sakit terlebih dahulu baru teringat untuk mendaftar JKN-KIS. ” Tentunya segala sesuatu yang diurus pada dasar tidak susah, akan tetapi jika sesuatu diurus dalam kondisi terburu-buru pasti juga akan jadi kendala,” pungkasnya.

Masih dalam moment kegiatan tersebut, alhamdulillah mendapat respon yang positif dari rekan-rekan Puskesmas Letung, saat kegiatan berlangsung komunikasi dua arah yang aktif dapat terlaksana, sehingga diharapkan rekan-rekan Puskesmas Letung sebagai tonggak pelayanan awal dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Anambas secara umum dan Kecamatan Jemaja khususnya.

Sosialisasi JKN KIS tersebut mengambil selogan “Dengan gotong royong semua tertolong”.(Mad)

Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG