Pesawat Garuda Dari Jakarta Tergelincir di Bandara Adisucipto Yogyakarta

103

WARTAKEPRI.CO.ID : Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 210 CGK-JOG sempat tergelincir saat mendarat di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Minggu (25/11/2018) siang. Insiden tersebut tidak menimbulkan korban dan tidak menganggu jadwal penerbangan dari dan ke Yogyakarta. Sementara itu, petugas segera mengevakuasi badan pesawat yang mengalami insiden.

Untungnya, insiden tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun mengganggu jadwal terbang pesawat lainnya.

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Rio Hendarto Budi Santosa, membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Iya benar, pesawat Garuda,” ujar Rio, saat dihubungi, Minggu (25/11/2018). Rio mengatakan, menurut laporan dari Pilot Garuda Indonesia, pesawat tergelincir karena landasan pacu basah. “Menurut laporan dari pilot sih runway-nya basah,” ungkap Rio.

Sementara itu, para penumpang yang sempat panik akhirnya dialihkan ke penerbangan berikutnya.

Dilansir dari Tribunnews, Senin (26/11/2018), pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 210, membawa 153 penumpang, terdiri dari 148 penumpang dewasa, tiga anak, dan dua bayi.

Pesawat mendarat pada pukul 14.00 WIB dan tergelincir di runway 09 (barat)-27 (timur) Bandara Internasional Adisutjipto. Petugas PT Angkasa Pura I segera melakukan evakuasi pesawat bersama Tim Teknik Garuda Maintenance Facility dan Groundhandling Garuda Indonesia.

pesawat dapat dipindahkan dari ujung runway 27 menuju apron melalui taxiway N4 dan NP, maka petugas segera melakukan pemeriksaan. Lalu pada pukul 14.24 WIB, kondisi landasan langsung diperiksa oleh petugas Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Hasilnya, tidak ditemukan kerusakan di area landasan. Pada pukul 14.34 WIB landasan dinyatakan bisa kembali dioperasionalkan seperti biasa.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pesawat Garuda Indonesia bernomor penerbangan GA210 registrasi PK-GFY rute Jakarta-Yogyakarta, petugas tidak menemukan adanya kerusakan pada pesawat tersebut.

Aktivitas bandara pun kembali berjalan normal sesuai yang dijelaskan oleh General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama.

“Hasilnya pemeriksaan menyatakan pesawat tidak mengalami kerusakan,” kata Agus Pandu Purnama.

Para penumpang yang sempat tertunda perjalanannya juga sudah diberangkatkan dengan penerbangan Garuda berikutnya.

Dilansir melalui : Kompas.com

 

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN