Tim Gultor 81 Kopassus Berhasil Bebaskan Sandra dari Kapal Tanker di Selat Malaka Kepri

981
Tim Gultor Kopassus di Batam

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Latihan pembebasan tawanan atau pembebasan sandra kapal yang dibajak dilaksanakan satuan 81 Penanggulangan Teror (Satgultor) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI-AD di Selat Malaka, pelaksanaan pelatihan dimulai pukul 04.15 WIB, Kepulauan Riau, pada Sabtu, (8/12/2018).

Komandan Satuan 81 Gultor Kopassus TNI AD, Kolonel Inf. Yudha Airlangga mengatakan, Satuan 81 merupakan satuan operasional dibawah Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang berada di Cijantung, Jakarta Timur, dimana daerah operasi latihannya ada di seluruh wilayah Kesatuan Negara RI. Adapun dalam pelatihan pembebasan sandra kapal tanker di Selat Malaka sengaja dipilih di Batam mengingat tingginya tingkat kerawanan yaitu pembajakan kapal yang terjadi.

“Dengan pelatihan ini kita dapat mengetahui ataupun mengenal daerah tersebut serta belajar dan bekerja sama dengan instansi lainnya yang berada disini,” ungkapnya.

Dibeberkannya, dalam kegiatan pelatihan ini pihaknya menurunkan satu tim, dimana dengan skenario pembebasan sandra kapal di Selat Malaka, dengan tujuan sasaran latihan dapat meningkatkan bagaimana menyelesaikan masalah di laut serta mengenal cuaca laut karakteristik kapal disekitar Batam.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan didaerah Batam dapat lebih mengenal kondisi wilayah laut Batam, apalagi dalam aspek kondisi cuaca diwilayahnya ini,”ungkapnya.

Dilain pihak Kodim 0316/Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana menjelaskan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Satuan 81 Kopassus yang telah memilih Batam sebagai tempat latihan dimana wilayah Batam memiliki nilai yang strategis.

“Tentunya dengan perlahan yang dilaksanakan di wilayah Batam tentunya secara tidak langsung memberi manfaat, Seperti memberikan rasa aman dan nyaman di sekitar Batam, dimana Kopassus merupakan salah satu pasukan terbaik di dunia dan Indonesian, sehingga memberikan nilai positif bagi satuan dan wilayah kita sendiri,” sebutnya.(adt)

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel