Panwascam Batam Kota gelar Sosialisasi pengawasan pemilu 

87

Panwascam Batam Kota gelar Sosialisasi pengawasan pemilu

Wartakepri.co.id, Batam – Panwascam Batam kota Undang Tokoh masyarakat se-kecamatan Batam kota,  guna memberikan edukasi pengawasan pemilu 2019 bertempat di Hotel Bliz Batam Centre, Sabtu +09/03/2019).

Pada kesempatan itu hadir Nara sumber dari komisioner Bawaslu Kota Batam antara lain Reza syailendra.S.I.Kom (ketua) Noviald, (PHAL) dan Helmy Rachmaayani.S.i,kom serta 32 orang perwakilan tokoh masyarakat dari 6 kelurahan se-Kecamatan Batam Kota.

Ketua Panwascam Batam Kota Salim mengatakan, dengan adanya edukasi ini,  masyarakat dapat mengetahui prosedur dalam tahapan pemilu, jika terjadi pelanggaran dalam penyelenggaraan pemilu.

“Terdapat tiga jenis pelanggaran yang akan terjadi yaitu pelanggaran  admistrasi bagi penyelenggara dan peserta pemilu,  pelanggaran pidana  dan pelanggaran kode etik terhadap penyelenggara,”tuturnya.

Peran masyarakat dalam pengawasan pemilu harus proakatif dan dapat mengajak masyarakat melaporkan temuan bila terjadi pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu oleh perserta maupun pelaksana pemilu.

Salim berharap, dengan adanya peran aktif masyarakat, nanti nya dapat mensukseskan pemilu serta mendorong  terwujud nya suasan yang kondusif bagi penyelenggaran pemilu yg aman,  damai,  tertib dan lancar.

Disamping itu, Ketua penyelenggara Junaidi S.K.MM,M.H, mengatakan, Sosialisasi pengawasan pemilu kepada masyarakat merupakan amanat dari undang undang pemilu No 7 Th 2017 tertuang dipasal 448 ayat 1 s/d 3 yang bertujuan Sosialisasi kepada masyarakat supaya dapat berpatisipasi melakukan pengawasan lansung terhadap peroses dari penyelenggaraan pemilu.

Editor: Vero Aditya

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN