KPU Kepri Umumkan Enam Parpol di Empat Kabupaten Tidak Jadi Peserta Pemilu 2019 – WartaKepri.co.id
7 views

KPU Kepri Umumkan Enam Parpol di Empat Kabupaten Tidak Jadi Peserta Pemilu 2019

Komisioner KPU Kepri Widyo Agung





WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri mengumumkan ada enam kepengurusan partai politik tingkat kabupaten tidak menjadi peserta pemilu pada Pileg 2019 nanti. Tidak jadi peseta pemilu karena partai
tidak menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK) serta tidak mendaftarkan caleg di masing-masing daerah.

” Sebanyak 11 kepengurusan itu terdapat di 4 Kabupaten. Sampai batas tanggal 10 Maret 2019 mereka tidak menyerahkan LADK dan pengajuan caleg,” kata Komisioner KPU Kepri, Widyo Agung.

Enam parpol tersebut:

1. Kabupaten Kepulauan Anambas berjumlah 5 partai yaitu PKB, PKS tidak mempunyai kepengurusan partai dan tidak mengajukan caleg, sedang Partai Garuda, Partai Berkarya dan PKPI tidak mengajukan caleg.

2. Kabupaten Lingga terdapat tiga partai yaitu Partai Garuda, PBB dan PKPI. Ketiga partai tidak mengajukan caleg atau tidak ada pencalonan.

3. Kabupaten Natuna yaitu Partai Garuda yang tidak ada pengurus dan PKPI tidak mengajukan caleg.

4. Kabupaten Karimun untuk Partai PKPI juga tidak mengajukan caleg.

Agung melanjutkan, ke 6 partai tersebut di masing-masing daerah sudah dihubungi baik melalui surat maupun Group LO oleh KPU Kabupaten. “Tetapi hingga batas tanggal yang ditentukan mereka belum memenuhinya,” sebut Agung.

Pembatalan parpol tersebut berdasarkan peraturan dana kampanye di UU 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, junto PKPU Nomor 24 tahun 2018 tentang dana kampanye peserta Pemilu, junto PKPU nomor 34 tahun 2018 tentang Perubahan ke 2 PKPU nomor 24 terkait kepesertaan pemilu.

“Pembatalan sudah dikeluarkan berdasarkan surat KPU RI yaitu surat keputusan nomor 744 tahun 2019 tentang pembatalan parpol sebagai peserta Pemilu,” katanya.(*/bnews)



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

7 views