Peringati Hari Harhubnas 2019 KSOP Karimun Turunkan 4 Kapal Untuk Kumpulkan Sampah Plastik – WartaKepri.co.id
15 views

Peringati Hari Harhubnas 2019 KSOP Karimun Turunkan 4 Kapal Untuk Kumpulkan Sampah Plastik

Harhubnas di Tanjung Balai Karimun





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Dalam rangka memperingati hari perhubungan nasional (Harhubnas) tahun 2019, pada Kamis (12/9/2019) Kantor
Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun menggandeng pimpinan instansi serta stakeholder dan juga masyarakat bumi berazam menggelar bersih-bersih di pantai dan laut diperairan Tanjungbalai Karimun guna membersihkan berbagai jenis sampah, termasuk sampah plastik.

Pada Pelaksanaan kegiatan yang diikuti antusias oleh seluruh peserta tersebut, diawali dengan upacara apel, sebelum acara gerakan bersih pantai dan laut dilaksanakan.

Gerakan bersih pantai dan laut ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan bahwa, Indonesia sendiri tidak terkecuali di Karimun merupakan penyumbang sampah plastik kedua didunia.

KSOP Karimun telah menerjunkan 4 unit kapal ditambah 10 unit boat pancung milik masyarakat yang turut berpartisipasi. Untuk membersihkan sampah plastik, dimulai sisi laut dari depan KPPBC TMPB Karimun hingga pelabuhan Sri Tanjung Gelam atau pelabuhan KPK.

Pelaksana tugas sekaligus Kepala Bidang Keselamatan Berlayar KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Capt. Mozes Imanuel Karaeng menjelaskan bahwa, Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan hari perhubungan nasional, yang jatuh pada tanggal 17 September, dan hari ini kita melaksanakan gerakan bersih laut dan pantai.

“Kegiatan ini serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia, untuk Indonesia barat pukul 07.30 sampai 09.30, untuk indomesis bagian tengah 08.30 sampai dengan 10.30, serta indonesia timur dari pukul 09.30 hingga 11.30,” terangnya.

Lebih lanjut Mozes mengatakan untuk dikarimun ini dapat dilaksanakn dengan lancar dan baik, serta dipusatkan dipelabuhan karimun dan dimulai menggunakan armada kapal.

“Untuk lokasinya sendiri daei halaman pelabuhan hingga pelabuhan KPK sei Tanjung gelam,” ungkapnya.

Dari instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut, dimana gerakan Bersih laut ini bertujuan sebagai sumbangsih dimana pertahun di Indonesia sendiri sebanyak 64 juta ton. Dimana 3,2 juta ton itu merupakan sampah plastik yang dibuang kelaut. Oleh sebab itu Direktur Jenderal Perhubungan Laut menginisiasi gerakan bersih laut dan pantai guna mengedukasi kepada seluruh lapisan masyarkat, agar tidak membuang sampah plastik ke laut.(*)

Kiriman : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

15 views